Apa yang Terjadi bila Anak dengan Autoimun Terinfeksi Covid-19?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Apa yang Terjadi bila Anak dengan Autoimun Terinfeksi Covid-19?

Apa yang Terjadi bila Anak dengan Autoimun Terinfeksi Covid-19?

KEPONEWS.COM - Apa yang Terjadi bila Anak dengan Autoimun Terinfeksi Covid-19? Anak dengan penyakit autoimun lebih mudah terkena pnyakit infeksi, termasuk Covid-19. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Sebelum itu, ketahui dahulu definisi keduanya, Covid-19 dan peny...

Anak dengan penyakit autoimun lebih mudah terkena pnyakit infeksi, termasuk Covid-19. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

Sebelum itu, ketahui dahulu definisi keduanya, Covid-19 dan penyakit autoimun. Covid-19 ialah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus corona baru. Virus ini menyebar melalui droplet atau percikan cairan dari saluran napas.

Gejala Covid-19 dapat bervariasi dari ringan, seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, rasa tidak enak badan hingga gejala berat seperti radang paru-paru (pneumonia).

Anak Demam

Sedangkan, penyakit autoimun ialah sekumpulan penyakit yang disebabkan oleh respon kekebalan tubuh yang menyerang diri sendiri sehingga menyebabkan kerusakan organ. Contoh penyakit autoimun yang sering dijumpai pada anak merupakan Lupus, penyakit radang sendi pada anak (juvenile idiopathic arthritis), penyakit radang otot pada anak (juvenile dermatomiosytis), skleroderma.

Bersumber dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Kementerian Kesehatan RI, Anak dengan penyakit autoimun rentan terserang infeksi, termasuk Covid-19. Anak dengan penyakit automimun dapat mengalami gejala berat apabila terinfeksi Covid-19. Karenanya, penting melakukan pencegahan, apa yang harus dilakukan?

Selanjutnya

Comments