Apa yang Sebenarnya Terjadi di Balik Hilangnya Nafsu Makan Saat Sedang Sakit?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Balik Hilangnya Nafsu Makan Saat Sedang Sakit?

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Balik Hilangnya Nafsu Makan Saat Sedang Sakit?

KEPONEWS.COM - Apa yang Sebenarnya Terjadi di Balik Hilangnya Nafsu Makan Saat Sedang Sakit? Apa yang sebenarnya terjadi dan apa alasan di balik hilangnya nafsu makan ini? Dr. Donald D. Hensrud, M.D., MPH, kepala Division of Preventive, Occupational and Aerospace Medicine dari Mayo Clinic mem...

Apa yang sebenarnya terjadi dan apa alasan di balik hilangnya nafsu makan ini?

Dr. Donald D. Hensrud, M.D., MPH, kepala Division of Preventive, Occupational and Aerospace Medicine dari Mayo Clinic memaparkan, "Ketika kita sakit karena banyak sekali kondisi, tubuh kita menyusun sebuah tanggapan inflamatory yang kompleks."

"Sebagai bagian dari tanggapan ini, kita memproduksi zat kimia bernama cytokines yang mempunyai banyak sekali efek luas dan bertanggung jawab atas berkurangnya nafsu makan," tambahnya.

Ia pun memberikan bahwa hal ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon dan bergantung pada jenis penyakit yang diderita seseorang, demikian dilaporkan Huffington Post.

Di sisi lain, penurunan nafsu makan ternyata memberikan dampak positif terhadap prosespenyembuhan. "Mencerna makanan membutuhkan energi. Jadi pada saat kita tidak mencerna makanan, ini akan meluangkan energi untuk membantu melawan sebuah infeksi maupun penyakit," paparnya.

Kehilangan nafsu makan juga diketahui dapat menurunkan pertumbuhan virus. "Ini dapat mengurangi beberapa zat yang menjadi santapan virus," ungkap Hensrud. Ditegaskan, bahwa penurunan nafsu makan menjadi tanggapan kompleks dalam jangka waktu singkat yang sesungguhnya dapat membantu proses penyembuhan.

Meskipun begitu, ini bukan berarti Kamu tak boleh atau tak perlu mengonsumsi makanan. Bagaimanapun, tubuh tetap membutuhkan energi yang layak untuk bekerja dan mengirimkan pesan ke sistem imun tubuh agar lekas sembuh.

Para ahli pun menyarankan agar setiap orang mendengarkan panggilan tubuh untuk makan kalau memang terasa lapar. Selain itu, juga mengonsumsi banyak air putih dan istirahat secukupnya.

(tika / gur)

Rekomendasi

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Balik Hilangnya Nafsu Makan Saat Sedang Sakit?

Comments