Apa itu ketindihan (sleep paralysis) dan bagaimana cara mengatasinya

Trending

Fun / Trending

Apa itu ketindihan (sleep paralysis) dan bagaimana cara mengatasinya

Apa itu ketindihan (sleep paralysis) dan bagaimana cara mengatasinya

KEPONEWS.COM - Apa itu ketindihan (sleep paralysis) dan bagaimana cara mengatasinya Apa itu ketindihan dan bagaimana cara mengatasinya Ketindihan... pernahkah kamu mendengar atau bahkan mengalaminya kalau iya maka tenang saja karena kejadian ini bukanlah merupakan suatu gej...
imageApa itu ketindihan dan bagaimana cara mengatasinya
Ketindihan... pernahkah kamu mendengar atau bahkan mengalaminya kalau iya maka tenang saja karena kejadian ini bukanlah merupakan suatu gejala penyakit tertentu, ketidak normalan atau gangguan psikis. Ketindihan merupakan suatu keadaan dimana tubuh mengalami kelumpuhan secara mendadak disaat kita baru terbangun dari tidur sehingga menyebabkan rasa sesak, sulit untuk bernafas dan seluruh tubuh tidak bisa di gerakkan, sebenarnya fenomena ini tidaklah begitu berbahaya namun ini tetap akan menjadi pengalaman buruk bagi orang yang mengalaminya.


Apakah ini berhubungan dengan hal gaib ?


Kebanyaknya orang yang mengalaminya biasanya mendapati dirinya melihat suatu fenomena mistis yang sulit untuk dijelaskan, padahal dalam dunia medis itu hanyalah sekedar halusinasi yang tercipta karena keadaan otak yang sedang tidak seimbang dalam menjalankan aktivitasnya sehingga membuat seseorang melihat bayangan bayangan yang seakan akan membuat mereka seolah olah melihat hantu.


Bagaimana ketindihan bisa terjadi ?


imageGambar ilustrasi

sleep paralysis atau juga sering disebut dengan ketindihan sebenarnya terjadi karena mekanisme otak dan kinerja tubuh berjalan secara tumpang tindih atau saling bertabrakan disaat kita sedang tertidur sehingga hal itu dapat membuat kita terbangun pada saat otak masih dalam keadaan beristirahat atau siklus REM. yang menyebabkan otak belum siap mendapatkan rangsangan dari tubuh sehingga membuat seluruh badan merasa sulit untuk digerakkan ketika terbangun.

Berapa lama kejadian ini berlangsung ?


pada umumnya kejadian ini tidaklah berlangsung dalam waktu yang lama melainkan hanya terjadi dalam beberapa saat saja. Kejadian ini memang bisa dialami oleh siapapun dan juga dapat terjadi kapanpun entah itu usia remaja, ataupun orang dewasa karena setiap manusia pasti dapat mengalaminya.

Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya ?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami Ketindihan, seperti posisi tidur yang salah, sering tidur di malam hari atau waktu tidur yang kurang cukup, stres, karena obat obatan dan bisa juga terjadi karena faktor keturunan. Apabila kamu mengalaminya yang harus dilakukan pertama kali ialah tetap tenang dan jangan panik, lalu berusahalah untuk bernafas secara pelan lalu keluarkan secara cepat dan berusahalah untuk menggerakan anggota badan yang lain tetap lakukan seperti itu sampai keadaan mereda.

Bagaimana cara mencegahnya ?


Kejadian ini memang sulit untuk dihindari namun kita juga bisa menyikapinya dengan banyak sekali cara misalnya ialah dengan menjaga kualitas tidur yang baik, jangan terlalu sering begadang, hindari stres serta obat obatan tertentu serta lakukanlah gaya hidup yang sehat.

Comments