Apa Efek Samping untuk Orang yang Pernah Disuntik Filler Usai Divaksin?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Apa Efek Samping untuk Orang yang Pernah Disuntik Filler Usai Divaksin?

Apa Efek Samping untuk Orang yang Pernah Disuntik Filler Usai Divaksin?

KEPONEWS.COM - Apa Efek Samping untuk Orang yang Pernah Disuntik Filler Usai Divaksin? Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai semenjak 13 Januari lalu. Sebagian masyarakat pun mulai bertanya-tanya, apakah dirinya bisa termasuk dalam golongan orang yang bisa divaksin atau...

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai semenjak 13 Januari lalu. Sebagian masyarakat pun mulai bertanya-tanya, apakah dirinya bisa termasuk dalam golongan orang yang bisa divaksin atau tidak.

Bukan hanya dari catatan riwayat penyakit, tetapi pertanyaan ini juga sedikit banyak menghampiri orang-orang yang pernah melakukan perawatan kecantikan dengan jarum suntik, contohnya filler.

Vaksin Covid-19

Lalu apakah ada efek samping tertentu yang bisa terjadi pada orang-orang yang sudah pernah melakukan suntik filler saat divaksinasi Covid-19 nanti?

Seperti dijelaskan dr. Grace Waworuntu, MKed(KK), SpKK, orang yang wajahnya sudah pernah disuntik filler, tidak perlu takut akan efek samping saat hendak vaksinasi. Alasannya adalah kedua hal ini, merupakan hal yang berbeda tidak saling berhubungan.

Enggak ada (efek samping), enggak ada hubungannya. Besoknya divaksin juga enggak masalah. Filler ini kan injeksi di area kulit yang spesifik, localized sifatnya jadi menetap di situ saja. Tidak menyebar ke mana-mana, karena filler hanya mengisi yang kita tentukan, jelas dr. Grace, dalam gelaran ZAP Premiere Virtual Media Meet Up, Kamis (21/1/2021).

Lebih lanjut dr.Grace menambahkan, vaksinasi dan filler tidak akan saling bertabrakan satu sama lain. Namun, ia menyarankan, jikalau sudah dekat dengan jadwal vaksin memang sebaiknya tidak dalam waktu bersamaan dengan tindakan lainnya. Sehingga, kalau ada sesuatu reaksi yang terjadi, bisa langsung diidentifikasi dengan jelas, apakah muncul karena vaksin atau treatment filler.

Enggak ada efek yang saling merugika, tabrakan gitu enggak akan terjadi itu enggak masalah. Ya, kalau mau vaksin sih ya sebaiknya jangan dibarengin sama tindakan lain, jadi kalau ada apa-apa bisa ketahuan. Apakah dari vaksin atau filler, pungkasnya singkat.

(DRM)

Comments