Antusiasme Orang-orang Eropa Pada Seni dan Budaya Indonesia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Antusiasme Orang-orang Eropa Pada Seni dan Budaya Indonesia

Antusiasme Orang-orang Eropa Pada Seni dan Budaya Indonesia

KEPONEWS.COM - Antusiasme Orang-orang Eropa Pada Seni dan Budaya Indonesia Brussels - Penduduk lokal dan turis yang tengah berkunjung ke Belgia antusias dengan Europalia Arts Festival Indonesia tengah digelar di Brussels. Apa kata mereka?Ketika detikTravel mengunjungi area p...

Brussels - Penduduk lokal dan turis yang tengah berkunjung ke Belgia antusias dengan Europalia Arts Festival Indonesia tengah digelar di Brussels. Apa kata mereka?

Ketika detikTravel mengunjungi area pameran Ancestors & Rituals pada Rabu (11/10/2017) sore waktu Brussels, tampak belasan orang tengah berkunjung. Sebagian dari mereka ada yang memang warga negara Belgia, ada juga turis yang tengah berwisata ke Brussels.

Seperti seorang turis asal Republik Ceko yang ditemui Detikcom di area pameran artefak Indonesia. Wanita Ceko itu mengaku tertarik datang ke pameran seni dan budaya Indonesia karena sebelumnya sudah pernah berkunjung ke Tanah Air.

"Saya sudah pernah ke Bali, Lombok dan Flores. Indonesia sangat indah. Makanya saya tertarik ketika tahu ada pameran ini," katanya.

Europalia Arts Festival IndonesiaEuropalia Arts Festival Indonesia (Eny/detikTravel)

Alasan serupa juga diungkapkan seorang pengunjung wanita asal Belgia bernama Sofia. "Ketika tahu ada pameran ini, saya langsung ingin datang karena memang saya tertarik pada Indonesia. Saya sudah pernah ke Bali, Lombok dan Yogyakarta," ujar wanita muda yang pernah liburan di Indonesia selama satu bulan itu.

Selain karena sudah pernah ke Indonesia, alasan pengunjung lainnya yang datang ke pameran Ancestors & Rituals ini merupakan karena tertarik pada segala hal yang berbah seni dan budaya. Seperti seorang turis asal Rumania yang sudah dua kali mendatangi pameran budaya dan seni Indonesia.

Pameran Ancestors & Rituals yang merupakan salah satu bagian dari Europalia Arts Festival Indonesia. Pameran yang diadakan di Bozar ini menampilkan benda-benda peninggalan leluhur bangsa Indonesia.

Ketika berkunjung ke pameran ini, pengunjung akan disambut dengan peta Indonesia yang dilukis di dinding berwarna putih. Kemudian ada dua pahatan kayu yang tinggi menjulang di sisi kanan peta tersebut. Dua pahatan kayu yang dibawa dari Museum Nasional tersebut merupakan gambaran leluhur yang ditemukan di daerah Pulau Leti, Maluku Tenggara.

Salah satu karya di Europalia Arts Festival IndonesiaSalah satu karya di Europalia Arts Festival Indonesia (Eny/detikTravel)

Beralih ke bagian dalam, pengunjung bisa melihat lukisan dari cat minyak berupa sepasang pengawal dari tanah Jawa. Ada juga beberapa keris, tempat minum berbahan perunggu hingga patung berukuran cukup besar berbentuk wanita menggendong seorang anak.

Yang juga menarik minat pengunjung pameran Ancestors & Rituals pada ajang Europalia Arts Festival Indonesia ini merupakan dua patung Tau Tau dari Toraja. Patung yang diyakini sebagai perwujudan orang Toraja yang sudah meninggal ini sebelumnya menjadi artefak yang dipamerkan pada Raja Belgia Phillippe Leopold Louis Marie dan Ratu Mathilde serta Wapres RI Jusuf Kalla ketika pembukaan Europalia 2017.

Europalia Arts Festival Indonesia yang menampilkan seni dan budaya Indonesia akan digelar kurang lebih empat bulan, mulai 10 Oktober 2017 sampai 21 Januari 2018 di tujuh negara Eropa yaitu Belgia, lnggris, Belanda, Jerman, Austria, Prancis dan Polandia. Demi menampilkan kekayaan seni dan budaya Indonesia, 486 pekerja seni asal Tanah Air dilibatkan. Mereka membuat 226 karya seni, 69 pertunjukkan tari dan teater, 71 musik, 36 sastra, 38 film dan 14 pameran.

Setelah pesta pembukaan pada Selasa (10/10/2017), area pameran Ancestors & Rituals dibuka untuk umum mulai Rabu (11/10/2017). Untuk masuk ke pameran ini, pengunjung harus membayar tiket 15 Euro (dewasa) dan 8 Euro (anak sekolah). (eny/msl)

Comments