Anjing Terlatih Bisa Deteksi Covid-19 pada Urin

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Anjing Terlatih Bisa Deteksi Covid-19 pada Urin

Anjing Terlatih Bisa Deteksi Covid-19 pada Urin

KEPONEWS.COM - Anjing Terlatih Bisa Deteksi Covid-19 pada Urin Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal PLOS One pada 14 April, mengungkapkan bahwa anjing dapat mendeteksi virus Corona (Covid-19) dalam sampel urin dengan akurasi 96 persen. Namun, bukan ber...

Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal PLOS One pada 14 April, mengungkapkan bahwa anjing dapat mendeteksi virus Corona (Covid-19) dalam sampel urin dengan akurasi 96 persen.

Namun, bukan berarti ini dapat mengubah uji tes swab pada hidung karena anjing hanya bisa membedakan antara hasil positif dan negatif, dalam sampel yang telah digunakan dalam latihan.

Anjing diketahui bisa mengendus aroma spesifik untuk banyak sekali penyakit dan penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa Covid-19 juga mempunyai ciri kuat yang dapat dideteksi anjing dalam sampel air liur dan keringat.

Menurut penelitian tersebut, anjing bahkan telah digunakan untuk mendeteksi Covid-19 di bandara Dubai.

Hendak Selamatkan Anjing, Pria Melawi Kalbar Tewas Tertimpa Mobil

Tetapi tidak diketahui apakah anjing dapat mendeteksi virus dalam sampel urin, di mana jumlah virus biasanya lebih rendah.

Untuk mengetahuinya, sekelompok peneliti melatih delapan Labrador retriever dan satu Belgian Malinois untuk mengenali aroma zat sintetis yang dikenal sebagai senyawa deteksi universal (UDC).

Anjing deteksi Covid-19 pada urin. [Eurakalert]Anjing deteksi Covid-19 pada urin. [Eurakalert]

Tim menempatkan senyawa tersebut di salah satu dari 12 port "roda aroma" dan memberi hadiah kepada anjing-anjing itu setiap kali hewan tersebut bereaksi terhadap port yang berisi UDC.

Setelah anjing belajar mengenali UDC, para peneliti kemudian memakai roda aroma untuk melatih anjing bereaksi terhadap sampel urin yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Sampel yang telah dinonaktifkan tersebut diambil dari tujuh orang pasien, mencakup dua orang dewasa dan lima anak-anak, serta enam orang anak yang dites negatif.

Putar Game di Sajadah sambil Salat, Cewek Berjilbab Elus Anjing

Dalam pelatihan, anjing diberi dua skenario kondisi, pertama di mana roda aroma berisi UDC di satu port dan bau distraktor di port lain dan kedua di mana roda aroma berisi semua bau distraktor.

Comments