Anjing penyelamat tersohor, Frida, pensiun setelah bertugas sembilan tahun

Internasional

News / Internasional

Anjing penyelamat tersohor, Frida, pensiun setelah bertugas sembilan tahun

Anjing penyelamat tersohor, Frida, pensiun setelah bertugas sembilan tahun

KEPONEWS.COM - Anjing penyelamat tersohor, Frida, pensiun setelah bertugas sembilan tahun AFP Frida telah mengambil bagian dalam 53 operasi penyelamatan di Meksiko, Haiti, Guatemala dan Ekuador. Seekor anjing penyelamat yang meraih ketenaran internasional atas kepahlawanannya setelah gempa...
Anjing FridaAFP Frida telah mengambil bagian dalam 53 operasi penyelamatan di Meksiko, Haiti, Guatemala dan Ekuador.

Seekor anjing penyelamat yang meraih ketenaran internasional atas kepahlawanannya setelah gempa bumi melanda Meksiko dua tahun silam telah pensiun usai sembilan tahun pengabdiannya.

Unit anjing Angkatan Laut Meksiko menggelar upacara khusus pada Senin untuk menghormati anjing betina ras Golden Labrador, yang bernama Frida.

Frida telah mengambil bagian dalam 53 operasi penyelamatan di Meksiko, Haiti, Guatemala dan Ekuador.

Angkatan Laut Meksiko memberikan penghormatan kepada sang anjing yang telah menyelamatkan 12 orang dari kematian dan menemukan lebih dari 40 mayat di lokasi bencana.

Anjing FridaGetty Images Angkatan Laut Meksiko memberikan penghormatan kepada sang anjing yang telah menyelamatkan 12 orang dari kematian dan menemukan lebih dari 40 mayat di lokasi bencana.

"Gonggongannya selalu memberi harapan, dan pada momen-momen kepedihan dan ketidakpastian, dia selalu menghadirkan kelegaan," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Meksiko, Eduardo Redondo.

Foto-foto Frida yang mengenakan pelindung mata, mengorek-ngorek puing-puing bangunan sekolah yang runtuh di Mexico City, menarik perhatian dunia dan menjadi simbol harapan bagi Meksiko setelah gempa, yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Kini diusianya menginjak 10 tahun, Frida tak lagi mengenakan pelindung mata dan sepatunya yang tersohor, dan sebagai gantinya dia dihadiahi semacam mainan yang dapat dia gigit atau kunyah, untuk selanjutnya memasuki masa pensiunnya.

Apa rencananya setelah pensiun, masih belum diketahui, namun Frida kemungkinan akan ke pedesaan dan membantu melatih anjing-anjing untuk dilatih menjadi anjing penyelamat.

Bagaimanapun, setelah misi kemanusiaan anjing betina berakhir, masyarakat memberikan penghormatan terhadap kiprahnya.

"Misi Frida telah berakhir, dan kami melepaskannya dengan rasa hormat," kata Tuan Redondo.

Comments