Anggaran Ditambah, Intip 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Anggaran Ditambah, Intip 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas

Anggaran Ditambah, Intip 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas

KEPONEWS.COM - Anggaran Ditambah, Intip 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) janjikan penambahan anggaran infrastruktur pada 2020 di lima daerah pariwisata. Adapun lima daerah tersebut masuk ke dalam Daerah Str...
Loading...

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) janjikan penambahan anggaran infrastruktur pada 2020 di lima daerah pariwisata. Adapun lima daerah tersebut masuk ke dalam Daerah Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Sektor pariwisata ialah sektor unggulan yang harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur, ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan Instagram @KemenPUPR, Selasa (11/9/2019).

Rp4,6 triliun Disiapkan untuk Kembangkan 5 Daerah Pariwisata Super Prioritas

Untuk mengakselerasi pembangunan 5 KSPN super prioritas, Kementerian PUPR akan menganggarkan Rp 7,1 triliun pada tahun 2020. Anggaran tersebut terus meningkat dari anggaran tahun 2019 sebesar Rp.1,7 triliun.

pariwisata

Kelima KSPN Super Prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang. Infrastruktur yang dibangun mencakup sektor konektivitas, sumber daya air, perumahan, dan permukiman.

Proyek Marina Bay Labuan Bajo Tahap I Beres Juli 2020

Seperti diketahui, adapun kelima KSPN tersebut ialah:

Di KSPN Danau Toba, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, membangun infrastruktur seperti Jembatan Tano Pangol di Kabupaten Samosir sepanjang 1,2 km dengan anggaran Rp297 miliar dengan masa pelaksanaan tahun 2020 2021. Kemudian Preservasi dan Pelebaran Jalan Lingkar Samosir menghabiskan total anggaran sebesar Rp 526 miliar.

Di KSPN Borobudur, tahun 2020 dilakukan kegiatan berupa penataan daerah permukiman Borobudur dengan membangun Gerbang Palbapang dan Penataan Koridor Jalan Mayor Kusen dengan anggaran sebesar Rp150 triliun, pembangunan Gerbang Klangon dan penataan jalan Klaben, Gerbang Wisata Borobudur serta Penataan parkir, Drop Off dan Koridor pedagang Kaki Lima di daerah Candi Mendut dengan anggaran sebesar Rp70 miliar.

Selanjutnya

Comments