Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM Dihadapan Ratusan Mahasiswa Unair

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM Dihadapan Ratusan Mahasiswa Unair

Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM Dihadapan Ratusan Mahasiswa Unair

KEPONEWS.COM - Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM Dihadapan Ratusan Mahasiswa Unair WAMENPAREKRAF Angela Tanoesoedibjo menghadiri acara Airlangga Business Forum (ABF) di Gedung Kuliah Bersama (GKB) kampus C Universitas Airlangga (Unair), pada Minggu 3 Desember 2023. Acara yang dihadi...

WAMENPAREKRAF Angela Tanoesoedibjo menghadiri acara Airlangga Business Forum (ABF) di Gedung Kuliah Bersama (GKB) kampus C Universitas Airlangga (Unair), pada Minggu 3 Desember 2023. Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa tersebut mengulas sejumlah peluang dan tantangan usaha, terutama di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam kesempatan ini, Angela membuatkan sejumlah tips agar bisa berdaya saing dalam menekuni UMKM. Setidaknya, ada empat hal yang harus dimiliki. Diantaranya, produk yang dihasilkan harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat, harganya sesuai, melakukan promosi produk dan terakhir bisa dijangkau dengan mudah oleh konsumen.

Angela mengatakan, semua orang merupakan konsumen dan sebagian pernah berbelanja secara online. Tentu, ada alasan ketika konsumen memutuskan untuk membeli produk tertentu. Bisa jadi karena promosinya menarik.

"Perlu atau tidak atas produk itu biasanya urusan nomor dua. Ini karena promosinya promosinya menarik, apalagi ketika ada influencer lokal atau artis Korea misalnya," katanya.

Selanjutnya, kata dia, produk yang dijual harus bisa didapat dengan mudah oleh konsumen. Baik itu secara online maupun offline. Kemudian harganya juga harus bersaing dengan merek lain. Alasannya adalah, orang akan tertarik membeli produk karena harganya murah dan khasiatnya sama.

"Terus ada customer service. Pengiriman produk harus cepat," ujarnya.

Ilustrasi

Angela juga menyinggung terkait permodalan di UMKM. Menurutnya, permodalan merupakan salah satu hal yang penting untuk membangun ketahanan hingga pengembangan sektor ini. Ketika orang pertama kali membuka usaha, tentu tidak lantas bisa maju dan berkembang.

"Semua tentu ada proses dan itu butuh modal untuk bisa bertahan. Mulai dari biaya untuk pembelian bahan baku dan juga biaya operasional lainnya," ujarnya.

Ketika usaha yang dibangun sudah menunjukkan tanda-tanda kemajuan, lanjut dia, tentu ada keinginan untuk melakukan ekspansi atau menambah toko. Nah, tentu hal ini juga membutuhkan permodalan. Belum lagi ketika hendak membuat produk baru, modal juga sangat dibutuhkan.

"Jadi, akses permodalan menjadi salah satu yang penting untuk ketahanan dan pengenbangan UMKM," terangnya.

Sementara itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair, Muhammad Anang Jazuli mengatakan, kegiatan ABF merupakan untuk memberi wadah bagi mahasiswa untuk menumbuhkan potensi dan karya mereka dalam dunia usaha.

"Isu besar sekarang ialah banyak lulusan sarjana yang menganggur. Jadi, dari kegiatan ini, kami harapkan pengetahuan kita perihal dunia usaha bisa bertambah. Alasannya adalah, ketika lulus pekerjaan tidak hanya di kantoran, tapi juga bisa berwirausaha," katanya.

Follow Gosip Okezone di Google News

(sal)

Comments