Anemia Jadi Penyebab Utama Tingginya Angka Kematian Ibu di Serang

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Anemia Jadi Penyebab Utama Tingginya Angka Kematian Ibu di Serang

Anemia Jadi Penyebab Utama Tingginya Angka Kematian Ibu di Serang

KEPONEWS.COM - Anemia Jadi Penyebab Utama Tingginya Angka Kematian Ibu di Serang ANEMIA penyakit yang gejalanya kerap diabaikan oleh masyarakat. Meski terkenal dengan gejala lima L, yaitu lemas, letih, lesu, lelah, dan lunglai, anemia justru jadi salah satu faktor kematian ibu di...

ANEMIA penyakit yang gejalanya kerap diabaikan oleh masyarakat. Meski terkenal dengan gejala lima L, yaitu lemas, letih, lesu, lelah, dan lunglai, anemia justru jadi salah satu faktor kematian ibu di Serang, Banten.

Tingginya angka kematian tersebut diakui oleh Puji Kuntarso, SKM, Kepala Seksi Gizi, Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Banten. Dalam pemaparannya di acara Generasi Bebas Anemia di SDN cisitu, Serang Banten, dia mengungkapkan sampai Agustus 2018 sudah ada 49 kasus kejadian kematian ibu.

"Yang paling utama di Serang tingginya angka kematian ibu. Sampai bulan Agustus sudah 49 kasus kematian, faktornya karena dari anemia," ujarnya, Selasa (23/10/2018).

(Fakta-Fakta HIV/AIDS, dari Gejala hingga Ibu Rumah tangga Penderita paling Banyak di Indonesia)

Karena itu Dinas Kesehatan Serang, Banten, mengharapkan pada ibu-ibu untuk memberikan asupan gizi yang baik untuk anak-anak. Puji menegaskan, terutama untuk anak dan remaja putri, yang nantinya menjadi seorang ibu agar menjaga asupan makanan.

"Untuk menjaga kehamilannya ibu hamil diberikan tablet tambah darah. Program Dinas Kesehatan untuk remaja putri yaitu pemberian tablet tambah darah, yang diminum seminggu satu tablet, bisa apa saja, suplemen dari program atau produk dari merek lain," imbuhnya.

(Spanyol Salip Jepang Tempati Urutan Pertama Negara dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi pada 2040)

Menambahkan keterangan Puji, dr. Swasty Dwirayunita, Praktisi Medis, PT merck Tbk, mengatakan anemia ialah penyakit kekurangan darah yang gejalanya 5L. Gambaran darah yang normal sel darah merahnya banyak dan rapat, sedangkan anemia jumlahnya sedikit dan jarang-jarang.

"Kondisi tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin yang mengangkut oksigen, udara yang kita hirup, lalu disebarkan ke seluruh organ tubuh, hemoglobin ada di sel darah merah. Dalam tubuh di butuhkan hemoglobin yang cukup agar bisa bekerja dengan benar dan organ beroperasi dengan baik," tandasnya.

(tam)

Comments