Android 13 Pakai Nama Tiramisu? Balik Lagi ke Makanan Manis?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Android 13 Pakai Nama Tiramisu? Balik Lagi ke Makanan Manis?

Android 13 Pakai Nama Tiramisu? Balik Lagi ke Makanan Manis?

KEPONEWS.COM - Android 13 Pakai Nama Tiramisu? Balik Lagi ke Makanan Manis? Ilustrasi HP Android. (Android) Dlaporkan 9to5Google dan The Verge, Google secara resmi menamai Android 13 dengan makanan khas Italia, Tiramisu. Akankah kembali ke tradisi memakai nama makanan manis k...

Ilustrasi HP Android. (Android)

Dlaporkan 9to5Google dan The Verge, Google secara resmi menamai Android 13 dengan makanan khas Italia, Tiramisu. Akankah kembali ke tradisi memakai nama makanan manis ke sistem operasi mobile ini?

Menurut laporan terbaru, pemberian nama Android Tiramisu untuk sistem operasi Android terbaru ini diungkap dalam acara preview Android 13 untuk para developer.

Meski demikian ini bukan kejutan, karena rumor penggunaan nama Tiramisu untuk Android 13 sendiri sudah berembus semenjak Juli 2021 lalu.

Menariknya, Google rupanya kembali ke tradisi lama untuk menamai sistem operasi Android dengan dengan nama makanan pencuci mulut atau makanan manis setelah kebiasaan ini berhenti pada 2019, saat Android 10 diluncurkan.

Meski demikian, di internal Google sendiri, nama-nama manisan untuk sistem operasi Android masih digunakan secara informal. Android 10 punya nama alias Quince Tart, Android 11 dijuluki Red Velvet Cake dan Snow Cone merupakan nama untuk Android 12.

Ilustrasi Tiramisu. (Pixabay)Ilustrasi Tiramisu. (Pixabay)

Adapun Android 13 yang masih dikembangkan ini disebut-sebut masih fokus pada soal privasi dan keamanan. Salah satu yang jadi sorotan merupakan fasilitas Photo Picker.

Dengan teknologi ini pengguna ponsel Android kelak bisa membagi foto dengan software tanpa harus mengizinkan software tersebut mengakses seluruh foto di dalam gawai.

Selain itu Google juga memberikan banyak kemudahan untuk para developer dalam mengembangkan software di Android 13. Misalnya memberikan kemudahan software untuk perangkat dengan layar lebih besar di tengah tren ponsel lipat.

Android Tiramisu juga meningkatkan manfaatkan Google Play, sehingga bisa dioptimalkan oleh para developer untuk menyalurkan pembaruan dan fitur-fitur baru melalui toko software tersebut.

Kita nantikan saja sampai Google mengungkap versi publik dari sistem operasi Android 13 ini nanti. Apakah diberi nama Android Tiramisu? ( Liberty Jemadu).

Comments