Anak SMK Ciptakan Alat Berkendara yang Dilengkapi GPS

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Anak SMK Ciptakan Alat Berkendara yang Dilengkapi GPS

Anak SMK Ciptakan Alat Berkendara yang Dilengkapi GPS

KEPONEWS.COM - Anak SMK Ciptakan Alat Berkendara yang Dilengkapi GPS Siswa SMK Negeri 1 Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat bernama Rapi Anwar Basari menciptakan alat disiplin berkendara. Ia memaparkan bahwa cara kerja alat ini dengan mendeteksi Surat Izin Mengemud...

Siswa SMK Negeri 1 Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat bernama Rapi Anwar Basari menciptakan alat disiplin berkendara. Ia memaparkan bahwa cara kerja alat ini dengan mendeteksi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan penggunaan helm SNI pada motor.

Anggota Komunitas Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Kabupaten Bandung ini membuat alat tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya. Rapi melihat temannya jatuh dari sepeda motor sampai gegar otak, lantaran tidak memakai helm dan berkendara di bawah umur.

Tak hanya sepeda motor, Rapi memaparkan pada mobil pun bisa. Hanya saja pada sensor mendeteksi penggunaan sabuk pengaman atau safety belt.

"Dengan adanya alat ini diharapkan dapat menurunkan risiko pelanggaran lalu lintas, seperti pengendara di bawah umur dan pengemudi kendaraan yang tidak mempunyai SIM," ungkapnya, Jumat, 22 November 2019. Selain itu, alat ini pun dapat membantu pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Sensor pada alat disiplin berkendara yang berada di sepeda motor ataupun mobil akan mengirimkan sinyal pada modul GSM dan GPS, sehingga dapat mengirimkan SMS kepada kantor polisi, rumah sakit, dan kantor Jasa Raharja terdekat.

Aplikasi JRku

Software Jasa Raharja Ini, Kamu Bisa Urus Santunan Secara Online

Ilustrasi GPS - Getty Images

Masih Bisakah Kita Hidup tanpa GPS?

Pengangguran.

Mayoritas Pengangguran di Indonesia dari Lulusan SMK

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Senin, 25 Maret 2019.

Lulusan SMK Belum Tentu Bisa Langsung Kerja

Garmin Edge

Garmin Punya Komputer Sepeda Ber-GPS

Pemudik motor Kamis malam 30 Mei 2019.

Mudik 2019, Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja Turun 80 Persen

Sementara itu, Direktur Keuangan Jasa Raharja, Myland menuturkan, apa yang dilakukan Rapi merupakan suatu usaha untuk membantu mengatasi serta menanggulangi kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, Rapi diganjar penghargaan 'Traffic Hero', yang merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh Jasa Raharja setiap tahunnya.

Lewat Traffic Hero, kami mengapresiasi pihak-pihak yang telah berkontribusi positif akan keselamatan di jalan raya. Selain apresiasi tinggi, kami juga turut membantu para kandidat untuk mengembangkan dan melanjutkan apa yang telah mereka buat dan lakukan selama ini," jelas Myland.

Adapun Rapi berharap, Traffic Hero akan membantunya untuk mengembangkan alat disiplin berkendara dengan komponen yang lebih baik lagi. "Saya akan mengembangkan alat ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang, tuturnya.

Comments