Anak sering main air saat banjir, waspada penyakit leptospirosis

Nasional

News / Nasional

Anak sering main air saat banjir, waspada penyakit leptospirosis

Anak sering main air saat banjir, waspada penyakit leptospirosis

KEPONEWS.COM - Anak sering main air saat banjir, waspada penyakit leptospirosis Beberapa hari terakhir ini hujan melanda Kota Jakarta. Bahkan tidak sedikit wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir karena intensitas hujan yang tinggi. Namun di tengah bencana banjir, ada...

Beberapa hari terakhir ini hujan melanda Kota Jakarta. Bahkan tidak sedikit wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir karena intensitas hujan yang tinggi.

Namun di tengah bencana banjir, ada sejumlah anak yang terkadang malah melakukan hal kocak. Seperti bermain hingga berenang dalam air banjir yang menggenangi wilayahnya. Aksi ini pun serasa tidak ada kesedihan yang dirasakan saat dilanda banjir.

Aksi para bocah ini mambawa kekhawatiran banyak pihak, salah satunya merupakan dokter spesialis anak, Nastiti Kaswandani. Ia mengatakan, di tengah keseruan anak-anak bermain air saat banjir terdapat banyak sekali penyakit yang mengintai.

Salah satunya ialah penyakit leptospirosis. Leptospirosis sendiri merupakan penyakit yang menyebar melalui air seni hewan yang terinfeksi. Manusia bisa terkena leptospirosis melalui kontak langsung dengan urine hewan yang terinfeksi atau melalui air, tanah, atau makanan yang terkontaminasi urine hewan. Kondisi ini paling umum terjadi di iklim hangat.

"Kita tahu, kalau banjir itu berasal dari air yang menggenang dari banyak sekali sumber. Nggak cuma got, tapi juga toilet, limbah pabrik, limbah rumah sakit. Kita nggak pernah tahu banjir sumbernya darimana saja. Itu bahaya banget," ujar Nastiti kepada media saat konfrensi pers peluncuran Betadine Natural Series di Jakarta, Kamis (27/2).

Dokter Nastiti menambahkan, yang paling membahayakan dari main air saat banjir merupakan masalah kulit. "Apalagi kalau kulit terdapat luka, masuk ke tubuh atau tertelan. Berarti mereka menelan air kotor dan dapat merusak organ. Lebih bahaya lagi bisa menyebabkan leptospirosis," tambahnya.

Penyakit leptospirosis, kata Nastiti, sangat berbahaya bila penyakit berlanjut dengan banyak sekali komplikasi antara lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru, dan otak.

"Apalagi bagi anak-anak, yang daya tahan tubuhnya rendah dari orang dewasa. Biasanya gejala penyakit ini demam, pipis cokelat, perut membesar artinya liver bengkak. Hati-hati kita berfikir ke penyakit itu," pungkasnya.

Recommended By Editor Anak sering main air saat banjir, waspada penyakit leptospirosis

Comments