Anak Krakatau erupsi semburkan abu vulkanik 657 meter

Nasional

News / Nasional

Anak Krakatau erupsi semburkan abu vulkanik 657 meter

Anak Krakatau erupsi semburkan abu vulkanik 657 meter

KEPONEWS.COM - Anak Krakatau erupsi semburkan abu vulkanik 657 meter Letusan Anak Krakatau. (foto: Twitter Dr. Devy Kamil Syahbana) Gunung Anak Krakatau erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik sekitar 657 meter di atas permukaan laut pukul 22.35 WIB, Jumat (10/4). Berd...

Letusan Anak Krakatau. (foto: Twitter Dr. Devy Kamil Syahbana)

Gunung Anak Krakatau erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik sekitar 657 meter di atas permukaan laut pukul 22.35 WIB, Jumat (10/4).

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) melalui software Magma Indonesia, Kementerian ESDM, yang dikutip di Jakarta, Sabtu, erupsi tersebut terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm.

Software Magma Indonesia, magma.vsi.esdm.id itu juga menyebutkan aktivitas seismik ditandai dengan erupsi tremor yang terjadi terus menerus.

Berdasarkan pantauan kamera pengawas atau CCTV pada pos pemantauan Gunung Anak Krakatau, abu vulkanik berwarna hitam dan abu-abu itu bergerak ke arah timur dengan ketinggian sekitar 500 meter dari dasar kawah.

Anak Krakatau is erupting now. The first image is from our webcam:https://t.co/O8KFco7NOx

The second photo was taken from our observatory (~43 km from the volcano). pic.twitter.com/nlHHWIyuAw

Dr. Devy Kamil Syahbana (@volcanohawk) April 10, 2020 -PVMBG menyebutkan tingkat aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda itu berada pada level II atau waspada.-PVMBG mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius dua kilometer dari kawah.-Sementara itu, suara dentuman berkali-kali terdengar di sekitar Jakarta, Depok hingga Bogor. Dentuman itu diduga berasal dari letusan Anak Krakatau. Recommended By Editor Anak Krakatau erupsi semburkan abu vulkanik 657 meter

Comments