Amerika Heboh Masalah Vape, Kemenkes: Kita Melarang Sejak Dulu

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Amerika Heboh Masalah Vape, Kemenkes: Kita Melarang Sejak Dulu

Amerika Heboh Masalah Vape, Kemenkes: Kita Melarang Sejak Dulu

KEPONEWS.COM - Amerika Heboh Masalah Vape, Kemenkes: Kita Melarang Sejak Dulu BEBERAPA daerah di Amerika Serikat mulai melarang penggunaan vape, setelah muncul hampir 400 kasus penyakit paru-paru serius terkait merokok dengan vape. New York menjadi negara bagian pertama yang se...
Loading...

BEBERAPA daerah di Amerika Serikat mulai melarang penggunaan vape, setelah muncul hampir 400 kasus penyakit paru-paru serius terkait merokok dengan vape. New York menjadi negara bagian pertama yang segera melarang rokok elektrik beraroma.

Di Indonesia, pemerintah mempertegas pelarangan penggunaan vape atau rokok elektrik di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menginisiasi pelarangan tersebut.

Rencana pelarangan penggunaan vape ini sebenarnya sudah lama jadi bahan perbincangan di kalangan stakeholder kesehatan. Namun goals-nya belum ditampakkan karena harus merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012, wacana Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Kepala BPOM Penny K Lukito menuturkan, berdasarkan penelitian vape punya banyak kandungan kimia berbahaya. Dari mulai nikotin, propilenglikol, Perisa (Flavoring), logam, karbonil, serta tobacco specific nitrosamines (TSNAs), dan diethylene glycol (DEG).

"Fakta temuan ilmiah ini menjadi dasar usulan pelarangan penggunaan vape di Indonesia," ungkap Penny.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Anung Sugihantono turut menanggapi pemberitaan pelarangan vape tersebut. Dia menyebutkan, seluruh stakeholder kesehatan sudah koordinasi bersama dengan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Selanjutnya

Comments