Amazon Kembangkan Chipset Server

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Amazon Kembangkan Chipset Server

Amazon Kembangkan Chipset Server

KEPONEWS.COM - Amazon Kembangkan Chipset Server Beberapa tahun terakhir ini, Intel dan AMD bermetamorfosis menjadi dua pemasok chipset terbesar dalam industri komputer dan server. Bahkan, berita terbaru dari Techradar mengatakan bahwa saat ini, Int...

Beberapa tahun terakhir ini, Intel dan AMD bermetamorfosis menjadi dua pemasok chipset terbesar dalam industri komputer dan server.

Bahkan, berita terbaru dari Techradar mengatakan bahwa saat ini, Intel menguasi lebih dari 90 persen pangsa pasar chipset komputer dan server, sedangkan sebagian besar sisanya milik AMD.

Untuk memecah dominasi tersebut, Amazon, berupaya untuk membuat chipset server melalui unit usaha komputasi awan miliknya, Amazon Web Services (AWS).

AWS diketahui telah mengembangkan prosesor generasi kedua yang lebih kuat untuk digunakan di server dan pusat data. Mereka mengandalkan teknologi dari Arm Holdings milik SoftBank Group Corp untuk mengembangkan chip ini.

Prosesor ini dibentuk berdasarkan arsitektur Neoverse N1 ARM, kemudian prosesor ini diklaim mempunyai kinerja 20 kali lebih cepat dari generasi pertama karena memakai CPU berbasis ARM yang memanfaatkan 32 inti.

Ilustrasi chipset. [Shutterstock]Ilustrasi chipset. [Shutterstock]

Neoverse N1 dirancang untuk memberikan kinerja single-thread maksimum, dan berjalan pada frekuensi yang relatif tinggi. Kabarnya, clockspeed dari prosesor ini bisa melaju hingga kecepatan 3,1 GHz, dengan TDP sekitar 100 Watt.

Chip prosesor data center tersebut nantinya akan digunakan untuk perkuat layanan komputasi awan, yang saat ini menjadi usaha dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Comments