Amankah telur dimakan mentah? Ini lho fakta ilmiahnya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Amankah telur dimakan mentah? Ini lho fakta ilmiahnya

Amankah telur dimakan mentah? Ini lho fakta ilmiahnya

KEPONEWS.COM - Amankah telur dimakan mentah? Ini lho fakta ilmiahnya Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak protein. Telur dapat dikonsumsi dengan banyak sekali olahan. Ada yang digoreng, direbus, serta dibikin omelet. Namun, ada juga yang gema...

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak protein. Telur dapat dikonsumsi dengan banyak sekali olahan. Ada yang digoreng, direbus, serta dibikin omelet. Namun, ada juga yang gemar menyantap telur dalam keadaa masih mentah. Hal ini lantaran dipercaya, telur mentah dapat menambah stamina.

Lalu muncul pertanyaan, apakah mengkonsumsi telur mentah itu aman? Nah, berikut ini beberapa fakta penting mengenai telur mentah dihimpun dari banyak sekali sumber, Selasa (11/7).

1. Protein dalam telur mentah tidak bisa diserap tubuh secara maksimal.

Makan telur mentah ternyata bisa menurunkan penyerapan kualitas protein yang dikandungnya. Sekitar 90 persen protein dalam telur matang bisa diserap tubuh manusia, tetapi manusia hanya bisa menyerap 50 persen protein bila disantap dalam keadaan mentah.

Dilansir Bold Sky, penelitian menunjukkan bahwa protein pada telur yang dimasak lebih mudah dicerna manusia daripada protein dalam telur mentah. Jikalau memakannya secara mentah, maka tubuh seseorang mungkin tidak bisa menyerap semua proteinnya.

2. Telur mentah bisa mencegah penyerapan biotin.

Biotin alis vitamin B7 penting agar tubuh seseorang bisa memproduksi glukosa dan asam lemak. Telur mentah mengandung protein avidin yang bisa menghalangi penyerapan biotin.

3. Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri.

Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri Salmonella. Bakteri tersebut tak hanya ada di cangkang telur, tapi juga di dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bisa menyebabkan keracunan makanan. Infeksi semacam itu bisa mengancam bayi dan anak, perempuan hamil, manusia lanjut usia (manula), serta orang yang sistem imunitasnya lemah.

Selain itu, pengidap kencing manis (diabetes), terjangkit virus merapuhnya kekebalan tubuh (human immuno-deficiency virus/HIV) dan tumor ganas merupakan sebagian orang yang tidak boleh makan telur mentah.

(fen)

Amankah telur dimakan mentah? Ini lho fakta ilmiahnya

Comments