Aliran Darah Tersumbat, Kenali Gejala Penyakit Arteri Perifer

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Aliran Darah Tersumbat, Kenali Gejala Penyakit Arteri Perifer

Aliran Darah Tersumbat, Kenali Gejala Penyakit Arteri Perifer

KEPONEWS.COM - Aliran Darah Tersumbat, Kenali Gejala Penyakit Arteri Perifer ARTERI perifer merupakan penyempitan pembuluh darah arteri yang menyebabkan peredaran darah ke kaki yang tersumbat. Penyempitan ini disebabkan oleh timbunan lemak pada dinding arteri yang berasal dari...

ARTERI perifer merupakan penyempitan pembuluh darah arteri yang menyebabkan peredaran darah ke kaki yang tersumbat. Penyempitan ini disebabkan oleh timbunan lemak pada dinding arteri yang berasal dari kolesterol atau zat buangan lain (artheroma). Akibatnya kaki terasa sakit, terutama ketika berjalan (klaudikasio).

Penyakit ini bisa terjadi pada kedua kaki secara bersamaan, meski biasanya nyeri terasa lebih parah pada satu kaki. Rasa nyeri tersebut bisa bervariasi dari ringan hingga parah, dan umumnya hilang setelah kaki diistirahatkan selama beberapa menit.

Penyakit arteri perifer menyerang pembuluh darah dari seluruh tubuh kecuali dari jantung, baik itu dari aorta, pembuluh ke otak, ke kaki dan lainnya, itu kadang-kadang gejalanya nyeri dengan hilang timbul, yang makin lama makin berat, kadang orang tidak perhatian dan menyangkanya hanya sakit pegal-pegal biasa dan jarang berobat sehingga akan menimbulkan efek yang cukup serius bila tidak tertangani dan di deteksi secara dini, kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Evasari Awal Bros Jakarta, dr Heru Dento SpPD.

Penyakit arteri ini lebih disebabkan beberapa faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok, hipertensi, kolesterol dan gula.

FaKtor-faktor seperti itu harus dikontrol, kalau tidak bisa berbahaya karena penyakit arteri ini resikonya empat kali untuk terkena serangan jantung atau stroke jadi harus kita deteksi seawal mungkin, terang dr Heru.

Menurutnya, Penyakit ini biasanya menyerang pada usia di atas 50 tahun, tetapi tergantung pada kondisi darah tinggi dan kadar lemak seseorang. Semakin berat timbunan lemak, semakin cepat terkena penyakit ini. Adapun laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki resiko terkena penyakit areteri ini.

Penderita penyakit ini di Indonesia bisa dibilang cukup banyak, entah karena pasiennya yang tidak mau berobat atau dari tenaga kesehatannya yang kurang memiliki perhatian terhadap penyakit ini, dan mengiranya hanya penyakit asam urat, padahal si pasien memiliki gangguan pada pembuluh darahnya, tambah dr Heru.

Aliran Darah Tersumbat, Kenali Gejala Penyakit Arteri Perifer

Comments