Alasan social distancing dapat memutus penyebaran corona

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Alasan social distancing dapat memutus penyebaran corona

Alasan social distancing dapat memutus penyebaran corona

KEPONEWS.COM - Alasan social distancing dapat memutus penyebaran corona Pandemi corona kini kian mengkhawatirkan. Virus ini telah menyerang ratusan negara di banyak sekali belahan dunia. Bahkan 3 negara selain China, seperti Amerika Serikat, Italia dan juga Spanyol menjad...

Pandemi corona kini kian mengkhawatirkan. Virus ini telah menyerang ratusan negara di banyak sekali belahan dunia. Bahkan 3 negara selain China, seperti Amerika Serikat, Italia dan juga Spanyol menjadi negara terparah dengan menembus angka 80 ribu kasus pasien positif. Sama halnya dengan negara lain, Indonesia masih berperang melawan virus corona hingga saat ini.

Lonjakan kasus corona terus bertambah dengan beberapa laporan kesembuhan, tapi tak sedikit juga yang meninggal dunia. Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan demi melawan Covid-19 yang mempunyai gejala mirip flu.

Di Indonesia sendiri data terbaru pada Kamis (2/4) mencatat total mencapai 1.790 kasus yang positif terinfeksi virus corona. Kini masyarakat pun mulai waspada. Ada 112 pasien yang berhasil sembuh dan negatif corona. Namun, 170 orang di antaranya tak terselamatkan.

Memburuknya kondisi ini membuat banyak orang yang mulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Bahkan ungkapan social distancing kini mulai kerap digaungkan semenjak virus corona menjangkit Indonesia.

Pemerintah juga menegaskan untuk melakukan social distancing atau pembatasan sosial disertai proses belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Tindakan ini dilakukan agar tidak banyak lagi orang yang terjangkit virus corona.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, pada Jumat (3/4), para peneliti mengatakan bahwa penyebaran virus corona Covid-19 secara cepat kemungkinan disebabkan karena aktivitas pergerakan orang yang terpapar virus namun tidak menunjukkan gejala. Bisa jadi mereka pun tidak menyadari bahwa dirinya telah terpapar oleh virus tersebut. Itulah mengapa social distancing atau jarak sosial ialah tindakan pencegahan yang penting untuk dilakukan.

Lalu mengapa virus corona menyebar begitu cepat ke banyak sekali negara? Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, alasan social distancing dapat memutus penyebaran corona, pada Jumat (3/4).

Kasus tanpa gejala dapat menularkan virus.

foto: freepik.com

Seperti diketahui social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi aktivitas atau kunjungan ke ruang publik dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah.

Saat seseorang diimbau untuk melakukan social distancing, mereka tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta dianjurkan menjaga jarak sekitar 1 meter ketika berinteraksi dengan orang lain. Nah, untuk saat ini mengisolasi pasien yang telah menunjukkan gejala aktif dianggap sebagai cara ampuh untuk memutus virus corona.

Tetapi sebagian orang yang terinfeksi hanya menunjukkan gejala ringan bahkan tidak menunjukkan suatu gejala apa pun. Oleh karena itu banyak masyarakat yang tidak menyadari telah terinfeksi dan menyebarkan virus tersebut ke orang lain.

Riset yang meneliti awal penyebaran virus corona di China juga mengungkapkan bahwa setidaknya 59% dari orang yang terinfeksi dan beraktivitas di luar, tak terdeteksi dapat berpotensi menulari orang lain. Itu sebabnya mengapa virus menyebar begitu cepat dan kini beredar di seluruh dunia.

Comments