Alasan Orang Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah saat Corona COVID-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Alasan Orang Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah saat Corona COVID-19

Alasan Orang Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah saat Corona COVID-19

KEPONEWS.COM - Alasan Orang Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah saat Corona COVID-19 SEPERTI di Indonesia, negara-negara maju seperti Amerika, Singapura, dan Kanada pun mengalami kelangkaan masker medis. Padahal makser sangat dibutuhkan sebagai salah satu bagian dari alat pelindung di...

SEPERTI di Indonesia, negara-negara maju seperti Amerika, Singapura, dan Kanada pun mengalami kelangkaan masker medis. Padahal makser sangat dibutuhkan sebagai salah satu bagian dari alat pelindung diri bagi para tenaga medis.

Masker medis yang dimaksud seperti masker N95 dan masker bedah. Nah, masker medis yang semestinya hanya untuk para tenaga medis, tetapi masih saja dibeli dan digunakan oleh masyarakat.

Hingga akhirnya keluarlah imbauan bagi masyarakat biasa dan orang-orang yang sehat untuk memakai masker DIY (do it yourself) yang dibuat sendiri memakai material bahan dari kain.

Memang, sejauh ini masih sedikit penelitian klinis, perihal seberapa efektif masker kain sebagai masker darurat.

masker

Tapi meskipun ada spektrum bukti wacana efektivitas masker, bagi si pemakai dan masyarakat luas di lingkungan sekitar orang tersebut, patut diingat juga, bahwa pakai masker bukan satu-satunya cara mencegah corona COVID-19. Ada upaya perlindungan lainnya, adalah rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan kontak dengan orang lain.

Dikatakan oleh Benjamin Cowling, kepala epidemiologi Hong Kong University (HKU), memakai masker non medis atau dengan kata lain masker kain, tetaplah menjadi upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat umum. Cara ini masih jauh lebih baik, daripada tidak melindungi diri sama sekali.

Konsep pemakaian masker kain ini merupakan lebih baik daripada tidak sama sekali, ujar Benjamin, sebagaimana dikutip Southchinamorningpost, Jumat (10/4/2020).

Selanjutnya

Comments