Alasan Metode Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Berbeda dengan Marc Klok hingga Lilipaly

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Alasan Metode Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Berbeda dengan Marc Klok hingga Lilipaly

Alasan Metode Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Berbeda dengan Marc Klok hingga Lilipaly

KEPONEWS.COM - Alasan Metode Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Berbeda dengan Marc Klok hingga Lilipaly Proses naturalisasi dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah hampir rampung setelah disetujui dalam Rapat Paripurna DPRI RI pada Selasa (20/9/2022)....

Proses naturalisasi dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah hampir rampung setelah disetujui dalam Rapat Paripurna DPRI RI pada Selasa (20/9/2022).

Kedua pemain kini tinggal menunggu surat keputusan yang diterbitkan Presiden Joko Widodo sebelum nantinya menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Nah, metode naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh nyatanya akan sedikit berbeda dengan proses naturalisasi para pemain asing sebelumnya.

Menpora Zainudin Amali menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-Kemenpora)Menpora Zainudin Amali menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-Kemenpora)

Pasalnya, para pemain naturalisasi terdahulu seperti Stefano Lilipaly dan Marc Klok harus menjalani sumpah WNI secara tatap muka alias langsung di kantor wilayah Kemenkumham.

Profil Dani van den Heuvel, Kiper Leeds United yang Kabarnya Akan Dinaturalisasi

Sementara itu, Sandy Walsh dan Jordi Amat dipastikan bakal menjalani sumpah WNI secara virtual atau daring menyusul keduanya yang masih membela klub masing-masing di Eropa.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memaparkan bahwa proses tersebut tetap sah dan dipilih setelah berkoordinasi langsung dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharief Hiariej.

Pesepakbola Jordi Amat (layar bagian bawah) dan Sandy Walsh (layar sebelah kiri) mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Hukum dan HAM, serta Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]Pesepakbola Jordi Amat (layar bagian bawah) dan Sandy Walsh (layar sebelah kiri) mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Hukum dan HAM, serta Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

"Saya sudah koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, dengan Pak Wamen, beliau sudah oke, karena mereka sedang main di luar negeri, ada yang di Eropa," kata Menpora Zainudin Amali dilingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/9/2022).

"Maka akan diambil sumpahnya oleh Kanwil Kemenkumham DKI secara virtual, itu juga sah," tambahnya sebagaimana dikutip dari Antara.

Kendati demikian, Menpora belum bisa memberikan keterangan waktu secara pasti kapan Walsh dan Amat bakal menjalani pengambilan sumpah WNI tersebut.

Meroketnya Karier Ramadhan Sananta, Dari ke Liga 3 ke Timnas Indonesia Hanya dalam Setahun

Menurut Menpora pihaknya masih menunggu surat menyurat resmi hasil Rapat Paripurna DPR RI untuk bisa melanjutkan proses naturalisasi kedua pemain ke Sekretariat Presiden.

Comments