Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19

Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19

KEPONEWS.COM - Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19 Pandemi virus corona COVID-19 membuat sebagian masyarakat ketakutan berlebih. Ya, sebagian orang percaya makanan bisa menjadi medium penyebaran virus corona COVID-19. Tapi, apakah anggapan ini benar a...

Pandemi virus corona COVID-19 membuat sebagian masyarakat ketakutan berlebih. Ya, sebagian orang percaya makanan bisa menjadi medium penyebaran virus corona COVID-19. Tapi, apakah anggapan ini benar adanya?

Fakta membuktikan, sampai saat ini belum ada bukti jelas yang mengatakan makanan bisa sebabkan seseorang terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Seperti yang dijelaskan Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan dari North Carolina State University Benjamin Chapman, belum ada bukti kebenaran bahwa makanan bisa menyebarkan virus corona COVID-19.

"Sampai sekarang kami tidak mempunyai bukti bahwa makanan atau makanan kemasan merupakan sumber penyebar COVID-19," tegasnya pada Live Science.

Namun Chapman mengatakan, berita mengenai COVID-19 ini terus berkembang. Banyak berita yang terbarukan sampai sekarang, tapi terkait dengan makanan sebagai sumber penyebaran virus, tidak ada bukti ilmiahnya.

Ia menegaskan, penyakit COVID-19 ini menyebar terutama dari orang ke orang melalui partikel vorus yang menyebar ketika seseorang bersin atau batuk. Hal ini juga sesuai dengan pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Selain itu penyebaran virus corona COVID-19 juga dapat secara tidak langsung, misalnya melalui menyentuh permukaan yang terkontaminasi yang kemudian seseorang langsung memegang mulut, hidung, atau mata.

Makanan

Lantas, apakah ada alasan lebih detil mengapa makanan bukan termasuk medium penyebaran virus corona COVID-19?

Hal pertama yang wajib dicatat ialah sudah semakin banyak orang sekarang yang menjaga kebersihan tubuhnya. Mereka akan sangat takut bila menyentuh makanan tanpa mencuci tangan terlebih dulu, bukan begitu?

Selanjutnya

Comments