Alasan Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia

Nasional

News / Nasional

Alasan Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia

Alasan Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia

KEPONEWS.COM - Alasan Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia Pemerintah Arab Saudi menganggap warga Indonesia sebagai jemaah haji terbaik di dunia. Apresiasi ini diwujudkan dalam bentuk hadiah berupa fast track di bandara bagi jemaah Indonesia. Hal ini disampai...
Loading...

Pemerintah Arab Saudi menganggap warga Indonesia sebagai jemaah haji terbaik di dunia. Apresiasi ini diwujudkan dalam bentuk hadiah berupa fast track di bandara bagi jemaah Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Sri Inspirasi Lubis, dalam pembekalan petugas haji di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (24/4). Dia mengatakan karena pertama jemaah Indonesia dianggap yang terbaik ialah jumlahnya yang terbesar di dunia.


Alasan Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Terbaik di Dunia
Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Tahun ini jumlah jemaah Indonesia mencapai 231 ribu orang setelah mendapat tambahan kuota 10 ribu dari pemerintah Saudi. Meski begitu, jemaah Indonesia sangat tertib. Inilah alasan mengapa jemaah haji Indonesia dilabeli terbaik di dunia.

"Jemaah haji kita dinilai oleh pihak Arab Saudi sangat tertib dan patuh peraturan," kata Sri.

"Di hotel tidak ada berisik, tidak bikin gaduh. Barang-barang di hotel tidak ada yang rusak, dengan jemaah negara lain," lanjut Sri.

Karena kedisiplinan jemaahnya, Indonesia selalu menjadi pilot project setiap kebijakan baru Saudi. Salah satunya merupakan e- pada 2014 dengan Indonesia sebagai negara pertama yang menerapkannya.

"Demikian juga biometrik, Indonesia yang pertama," kata Sri.



Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Pemberangkatan Jemaah Haji. Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Hadiah Fast Track

Sri mengatakan, karena kedisiplinan inilah yang membuat Saudi memberikan hadiah berupa fast track bagi jemaah Indonesia tahun lalu.

Dengan fast track, jemaah yang tiba di Saudi tidak perlu lagi antre imigrasi. Jemaah hanya tinggal keluar dari bandara dan naik ke bus untuk menuju hotel di Madinah dan Makkah. Bahkan mereka tidak perlu menunggu dan membawa koper sendiri.

"Tas koper jemaah akan diberikan tanda standar secara nasional. Koper ini akan diantarkan ke hotel sebelum jemaah tiba," kata Sri.

mengatakan, fasilitas fast track ini tahun lalu berhasil memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat kelelahan jemaah ketika tiba di Saudi.

Loading...

Comments