Alasan Cerita Ledakan Dahsyat Tambora Kalah dengan Krakatau

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Alasan Cerita Ledakan Dahsyat Tambora Kalah dengan Krakatau

Alasan Cerita Ledakan Dahsyat Tambora Kalah dengan Krakatau

KEPONEWS.COM - Alasan Cerita Ledakan Dahsyat Tambora Kalah dengan Krakatau GUNUNG Tambora dan Gunung Krakatau merupakan gunung aktif di Indonesia yang memiliki sejarah ledakan terbesar sepanjang masa peradaban manusia. Sementara Gunung Tambora yang terbesar, Gunung Krakatau...

GUNUNG Tambora dan Gunung Krakatau merupakan gunung aktif di Indonesia yang memiliki sejarah ledakan terbesar sepanjang masa peradaban manusia. Sementara Gunung Tambora yang terbesar, Gunung Krakatau lebih tersiar nama dan kisahnya daripada gunung di Pulau Sumbawa tersebut. Apa alasannya?

Dalam talkshow bertema "Mengenal Taman Nasional Tambora: The Greatest Eruption in Human History" di acara Outfest II Jakarta 2017, di daerah Senayan, Harley Sastha, penulis perjalanan dan peneliti Gunung Tambora, mengungkapkan salah satu alasannya.

"Peristiwa ledakan Gunung Krakatau terjadi setelah teknologi komunikasi telegram ditemukan, jadi informasinya lebih cepat tersebar. Padahal ledakan Gunung Tambora lebih besar," katanya.

Seperti diketahui, kekuatan letusan Gunung Tambora pada April 1815 ialah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekuatan ledakannya bahkan empat kali lipat lebih besar dari ledakan Gunung Krakatau pada 1883, dengan indeks ledakan Volcanic Explosivity Index (VEI) mencapai skala 7 dari 8.

"Tambora di dalam negeri baru terdengar lagi setelah perayaan dua abad ledakan Tambora 2015 lalu. Padahal ledakan Gunung Tambora satu tingkat lebih tinggi dari ledakan Krakatau. Atau satu tingkat di bawah ledakan gunung yang menciptakan Danau Toba dan Yellow Stone. Tapi kalau berbicara peristiwa yang terjadi di era peradaban manusia, Tambora masuk yang terbesar," lanjutnya.

Ledakan Tambora begitu dahsyat karena menghancurkan setengah bagian gunung yang ketinggian awalnya mencapai 4000-an mdpl, dibanding sekarang yang hanya 2850 mdpl. Bahkan isinya juga meledak hingga menciptakan kaldera raksasa dengan diameter lebih dari 7 km dan kedalaman 1,4 km.

"Dengan besarnya ledakan Tambora, korban terang lebih banyak, tidak hanya ketika kejadian, tapi hingga bertahun-tahun setelah kejadian. Ledakan Tambora banyak yang telat diketahui, sementara peristiwa ini banyak mengubah keadaan dunia dan peradaban manusia, dari sejarah, budaya, sastra sampai teknologi," paparnya.

"Iklim dunia pernah berubah karena Tambora, lalu kelaparan karena gagal panen global, kekalahan pasukan Bonaparte, fenomena Frankestein yang menjadi literatur terkenal, sampai terciptanya sepeda menggantikan kereta kuda yang mati karena efek ledakan, dan banyak lagi," pungkas Harley.

Alasan Cerita Ledakan Dahsyat Tambora Kalah dengan Krakatau

Comments