Alami Obesitas, Anjing Ini Terkena Katarak dan Diabetes

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Alami Obesitas, Anjing Ini Terkena Katarak dan Diabetes

Alami Obesitas, Anjing Ini Terkena Katarak dan Diabetes

KEPONEWS.COM - Alami Obesitas, Anjing Ini Terkena Katarak dan Diabetes OBESITAS merupakan masalah kesehatan yang bukan hanya terjadi pada manusia. Hewan juga bisa mengalami kelebihan berat badan bila sering mengonsumsi makanan dalam porsi berlebih. Sama seperti pada manu...

OBESITAS merupakan masalah kesehatan yang bukan hanya terjadi pada manusia. Hewan juga bisa mengalami kelebihan berat badan bila sering mengonsumsi makanan dalam porsi berlebih. Sama seperti pada manusia, obesitas pada hewan juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, dan dermatitis.

Kondisi inilah yang terjadi pada seekor anjing dari Inggris. Anjing bernama Hattie itu dinobatkan sebagai anjing paling gemuk. Bahkan hewan tersebut mempunyai julukan 'Hattie the Fattie'.

Hattie mengalami obesitas dengan berat mencapai 47kg karena hanya mengonsumsi burger. Kebiasaan itu telah membuat perutnya membuncit. Tak sampai di situ, anjing berusia 8 tahun itu juga mengalami katarak karena diabetes.

Beruntung anjing tersebut dibawa ke pusat perawatan hewan, Gables Farm Dogs and Cats di Plymouth, Devon, Inggris. Di sana Hattie menjalani diet ketat dan melakukan serangkaian rezim olahraga semenjak Februari lalu. Hal itu pun berbuah manis karena berat badan anjing tersebut turun menjadi 23 kg tanpa olahraga. Dengan begitu, masa depan Hattie diklaim akan jauh lebih sehat dan bahagia.

(4 Orang Ini Catat Bagaimana Mereka Akan Mati, Membacanya Bikin Merinding)

anjing katarak

Walaupun masih harus menghadapi rintangan karena mengalami katarak, tapi paling tidak Hattie sudah berubah menjadi anjing yang lebih bersemangat. Anjing tersebut tampak mulai menikmati kehidupannya. Dia menjadi lebih sering berjalan-jalan dan mempunyai kepercayaan diri serta sering bermain-main dengan petugas dan pengunjung yang datang ke pusat perawatan.

(Viral #RaisaMeetSutopo, Mimpi Sutopo BNPB Ketemu Raisa Segera Terwujud)

Saat ini Hattie sedang menunggu waktu untuk melakukan operasi katarak. Melansir Metro, Rabu (3/10/2018), anjing itu kini sedang tidak mempunyai majikan. Biaya perawatannya ditanggung melalui program crowdfunding. Menurut dokter hewan yang merawatnya, Ruth Rickard, di masa yang akan datang biaya menjadi tanggungan orang lain karena perubahan kondisinya.

Ketika saya pertama kali melihat Hattie, saya tidak dapat mempercayai dia seekor anjing karena lebih mirip babi. Dia mempunyai perut buncit yang tidak lazim dimiliki oleh seekor anjing. Saya merasa harus mencoba membantunya menurunkan berat badan, jelas Ruth.

Ya, selain mendapatkan program penurunan berat badan, Ruth juga memberikan suntikan insulin pada Hattie untuk mengatasi diabetesnya. Beruntung dia dapat menoleransi itu, pungkasnya.

(hel)

Comments