Aktor Yayu Unru Meninggal Dunia, Kenali 6 Penyebab Serangan Jantung

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Aktor Yayu Unru Meninggal Dunia, Kenali 6 Penyebab Serangan Jantung

Aktor Yayu Unru Meninggal Dunia, Kenali 6 Penyebab Serangan Jantung

KEPONEWS.COM - Aktor Yayu Unru Meninggal Dunia, Kenali 6 Penyebab Serangan Jantung AKTOR senior Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat (8/12/2023) pagi. Ia sempat mengalami serangan jantung dua kali, hingga harus menjalani perawatan intensif di ICU. Tak hanya dirawat di IC...

AKTOR senior Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat (8/12/2023) pagi. Ia sempat mengalami serangan jantung dua kali, hingga harus menjalani perawatan intensif di ICU.

Tak hanya dirawat di ICU, dalam kondisi tak sadar usai mengalami serangan jantung kedua, Yayu Unru juga menjalani operasi pemasangan ring pada jantungnya. Bahkan operasi tersebut baru saja dilakukan pada Rabu, 6 Desember 2023.

Yayu Unru

Naza Unru masih sempat meminta doa agar sang ayah bisa segera dipindahkan ke ruang rawat inap, lantaran kondisinya semakin membaik.

"Sekarang masih di ICU tapi sudah lepas ventilator alhamdulillah," ujar Naza Unru saat dihubungi awak media, Kamis, 7 Desember 2023. Namun tidak ada yang menyangkan akhirnya Yayu meninggal dunia.

Lalu apa saja pemicu serangan jantung?

1. Merokok

Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok mempunyai risiko kematian karena penyakit jantung tiga kali lipat dibandingkan dengan bukan perokok. Usia seseorang mulai merokok juga memengaruhi tingkat risikonya.

Perokok yang memulai kebiasaannya semenjak dini berisiko lebih tinggi mengalami kematian karena serangan jantung. Namun, perokok yang menghentikan kebiasaan tersebut pada usia 40 tahun dapat mengurangi risiko kematian dini sekitar 90 persen.

2. Gaya hidup tidak sehat

Orang dewasa di usia muda cenderung kurang tidur, melakukan rutinitas kerja berlebihan, banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, dan mengurangi aktivitas fisik. Faktor-faktor tersebut berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Diabetes

Penderita diabetes mempunyai risikodua hingga empat kali lebih besar mengalami serangan jantung pada usia muda dibandingkan orang tanpa diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan penumpukan plak di arteri yang menyebabkan aterosklerosis.

Follow Informasi Okezone di Google News

Comments