Akses Jadi Tantangan Utama Tingkatkan Pariwisata di Pandeglang

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Akses Jadi Tantangan Utama Tingkatkan Pariwisata di Pandeglang

Akses Jadi Tantangan Utama Tingkatkan Pariwisata di Pandeglang

KEPONEWS.COM - Akses Jadi Tantangan Utama Tingkatkan Pariwisata di Pandeglang SEKTOR pariwisata tidak dipungkiri memang sangat berperan dalam menyumbang pendapatan bagi negara, selain imej dan karakter dari negara yang bersangkutan di mata dunia. Kemajuan sektor pariwisata suat...

SEKTOR pariwisata tidak dipungkiri memang sangat berperan dalam menyumbang pendapatan bagi negara, selain imej dan karakter dari negara yang bersangkutan di mata dunia.

Kemajuan sektor pariwisata suatu negara, dalam prakteknya memang tidak bisa dilakukan secara merata dan serentak dalam waktu bersamaan. Ada daerah yang lebih dulu maju sektor pariwisatanya, di sisi lain ada daerah lainnya yang sektor pariwisatanya masih tertinggal.

Didukung oleh masyarakat, tentunya memajukan sektor pariwisata daerah yang belum maksimal ini memang menjadi tugas dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Alasannya adalah, tantangan untuk memajukan sektor pariwisata di sebuah daerah yang masih belum optimal memang bukan pekerjaan mudah.

(Mengenang Masjid Terapung Palu yang Rusak Diterjang Tsunami)

Tantangan inilah yang salah satunya sedang dihadapi Kementerian Pariwisata dalam memajukan sektor pariwisata di Pandeglang, Provinsi Banten. Hal ini dijelaskan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kalau mau to the point, tantangan soal akses itu nomor satu. Fasilitas jalan tol itu kita tunggu di 2020 bisa selesai, ya di 2019 itu seksi satu sudah kelar lagi. Lalu kedua, revitalisasi kereta, dan duduk perkara perihal akses bandar udara, papar Arief Yahya saat dijumpai Okezone, Jumat, 28 September 2018 usai acara pembukaan Festival Tanjung Lesung, di daerah Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Untuk perihal pengadaan akses bandar udara, Arief melanjutkan bahwa pihak pemerintah pusat masih menunggu upaya dari Pemerintah Provinsi Banten.

(Genjot Sport Tourism Pandeglang, Menpar Arief Yahya Resmikan Rhino Dive Center)

Kita harapkan perihal penetapan lokasi bandara sudah bisa diusulkan oleh Pemprov Banten, karena kembali lagi yang paling tahu kan Pemprov Banten, tambahnya.

Selain soal akses, dalam kesempatan yang sama Arief juga menyebutkan sumber daya manusia di daerah Pandeglang, yang meskipun sudah dinilai baik semenjak dulu namun ke depannya tetap harus diberikan edukasi kesadaran sebagai masyarakat kampung wisata.

SDM di sini oke dari dulu. Kemarin pas dive center belum dibangun, kita sudah latih penduduknya. Apa yang ada di sini dibangunkan homestay dari dana desa, dilatih usaha, dan hospitality (keramahan), saya harapkan Cikadu bisa jadi kampung wisata, yang pengelolaannya profesional, tutup Arief Yahya.

(tam)

Comments