Akhir Pekan di Rumah Aja, Masak Ayam Bakar Melayu untuk Keluarga

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Akhir Pekan di Rumah Aja, Masak Ayam Bakar Melayu untuk Keluarga

Akhir Pekan di Rumah Aja, Masak Ayam Bakar Melayu untuk Keluarga

KEPONEWS.COM - Akhir Pekan di Rumah Aja, Masak Ayam Bakar Melayu untuk Keluarga Meskipun besok akhir pekan, tetap di rumah saja lho ya. Ingat imbauan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus corona COVID-19 dengan di rumah saja. Mengurangi aktivitas di luar, berarti Kamu h...

Meskipun besok akhir pekan, tetap di rumah saja lho ya. Ingat imbauan pemerintah untuk memutus rantai penularan virus corona COVID-19 dengan di rumah saja.

Mengurangi aktivitas di luar, berarti Kamu harus masak di rumah untuk keluarga. Jadi, tidak perlu lagi menghabiskan akhir pekan dengan makan di luar rumah.

Kamu bisa masak menu favorit keluarga, coba bikin ayam bakar yuk! Pasti menu ayam bakar disukai oleh semua anggota keluarga. Selain lezat, ayam juga sumber protein yang baik untuk keluarga.

Dikutip dari buku 30 Menu Akhir Pekan yang Patut di Coba, karya Tim Demedia, berikut ayam bakar melayu lezat untuk keluarga :

Ayam Bakar Melayu

Bahan

1 ekor ayam ukuran kecil

1 butir jeruk nipis, ambil airnya

3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

3 cabai merah

3 cm kunyit

sdt merica butir

sdt jinten

sdt adas

1 sdt ketumbar

2 sdt garam

4 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

1 ibu jari lengkuas, memarkan

2 tangkai serai, memarkan

400 ml santan dari butir kelapa

1 butir jeruk nipis, belah-belah

Ayam Bakar

(Foto : Food and Wine Magazine)

Cara membuat

1. Potong ayam menjadi empat bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis, sisihkan;

2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai sampai bumbu harum dan matang. Masukkan ayam sambil diaduk sampai kaku. Tuang santan, kemudian masak sampai ayam matang dan santan terserap habis. Angkat;

3. Panggang ayam di atas bara sambil sesekali diolesi sisa bumbu santan dan diperciki dengan air jeruk nipis. Panggang kedua sisinya sampai rata. Angkat.

(hel)

Comments