Air Jernih Berwarna Kehijauan, Wisata Asri di Langkat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Air Jernih Berwarna Kehijauan, Wisata Asri di Langkat

Air Jernih Berwarna Kehijauan, Wisata Asri di Langkat

KEPONEWS.COM - Air Jernih Berwarna Kehijauan, Wisata Asri di Langkat PESONA wisata alam di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara makin jadi primadona bagi wisatawan domestik dan mancanegara.Selain wisata arung jeram yang sudah terkenal di Langkat. Selama 3 tahun terakhir,...

PESONA wisata alam di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara makin jadi primadona bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain wisata arung jeram yang sudah terkenal di Langkat. Selama 3 tahun terakhir, warga yang berada di Daerah Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingai memanfaatkan peredaran sungai Sei Bingai yang jernih menjadi lokasi wisata pemandian alam.

Ada banyak lokasi pemandian alam yang berada di Kecamatan Sei Bingai, salah satunya pemandian alam Plorida. Pemandian yang dibuka secara swadaya oleh warga sekitar.

(foto: Erie Prasetyo/Okezone)

Wisatawan bisa melewati Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Deliserdang lalu Kota Binjai atau bisa juga melewati jalan alternatif dari Jalan Sei Mencirim, Kabupaten Deliserdang.

Namun, untuk sampai ke Pemandian Plorida, wisatawan wajib melewati Jalan Sei Bingai. Pemandian Plorida letaknya juga tak jauh dari Jalan Sei Bingai dan dekat dengan SMA 1 Sei Bingai.

Ketika sampai di lokasi, wisatawan akan diarahkan pengelola tempat wisata untuk memarkirkan mobil atau sepeda motor di lahan parkir yang tersedia.

Untuk masuk ke lokasi wisata, pengelola menetapkan tarif per kendaraan, bukan per orang. Untuk mobil dikenakan tarif Rp30.000 dan untuk sepeda motor dikenakan tarif Rp20.000. Tarif itu berlaku untuk setiap hari dan tidak ada berbedaan di hari libur.

Pengelola akan mengutip uang masuk itu ketika wisatawan telah keluar dari kendaraan. Dari lokasi parkir, wisatawan harus berjalan kaki dengan jarak sekira 100 meter ke lokasi pemandian.

Pengelola juga sudah membuat jalan setapak yang bagus agar wisatawan mudah sampai lokasi pemandian. Sesampainya di lokasi, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan sekitar lokasi pemandian yang masih asri. Pepohonan hijau tumbuh di pinggir sungai pemandian Plorida.

Air jernih berwarna kehijauan jadi andalan lokasi wisata yang ada di Kecamatan Sei Bingai. Air yang disaring oleh akar-akar pepohonan itu juga sangat sejuk karena berasal dari pegunungan.

Di Pemandian Plorida, ada air terjun dengan tinggi sekira 8 meter. Ada dua air terjun yang bisa dimandikan di sana. Ketika pemandian Plorida ramai pengunjung, para wisatawan banyak yang berkumpul di dekat air terjun.

Berbeda dengan lokasi pemandian lainnya di Sei Bingai yang airnya cukup dalam. Untuk Lokasi pemandian Plorida, kedalaman air cukup aman, hanya sekira 1 meter saja. Peredaran sungainya juga tidak deras. Cukup aman bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

Di sungai kecil dengan lebar sekira 10 meter itu, terdapat juga bebatuan kecil namun tidak banyak. Sehingga aman bagi wisatawan yang ingin mengarungi sungai dengan naik ban.

(foto: Erie Prasetyo/Okezone)

Wisatawan bisa menyimpan barang-barang di dalam kendaraan. Atau bisa meletakkan barang-barang di pondok yang disediakan warga sekitar. Untuk menyewa pondok sekaligus tikar, warga mengenakan tarif sebesar Rp35.000. Pondok tersebut tepat berada di pinggir sungai.

Di lokasi pemandian, warga juga membuka kedai kecil yang menjual makanan ringan dan menyewakan ban untuk bermain di Plorida.

Namun sayangnya, belum ada tempat sampah dan toilet di lokasi wisata tersebut. Banyak wisatawan yang mengumpulkan sampah di pinggir sungai atau bahkan ada yang membung sampah ke sungai.

"Masuk ke pemandian ini sangat murah. Kami naik mobil 6 orang hanya bayar Rp30 ribu untuk masuk. Masih asri dan airnya sejuk. Aman juga bagi yang bawa anak-anak," ujar wisatawan dari Kota Medan, Fillia Hakim (25).

Air Jernih Berwarna Kehijauan, Wisata Asri di Langkat

Comments