Agar Selalu Akurat, Ini Cara Kalibrasi Sensor Smartphone Android

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Agar Selalu Akurat, Ini Cara Kalibrasi Sensor Smartphone Android

Agar Selalu Akurat, Ini Cara Kalibrasi Sensor Smartphone Android

KEPONEWS.COM - Agar Selalu Akurat, Ini Cara Kalibrasi Sensor Smartphone Android Ilustrasi smartphone Android. (Android) Sensor-sensor merupakan salah satu bagian penting dari smartphone, termasuk smartphone Android. Komponen kecil yang tidak bisa diabaikan agar ponsel kamu tetap...

Ilustrasi smartphone Android. (Android)

Sensor-sensor merupakan salah satu bagian penting dari smartphone, termasuk smartphone Android. Komponen kecil yang tidak bisa diabaikan agar ponsel kamu tetap cerdas.

Sensor sering kali diabaikan oleh pengguna smartphone, padahal komponen kecil ini jauh lebih penting. Dilansir laman Android Pit, terdapat beberapa cara untuk menjaga kondisi sensor dengan mengkalibrasinya.

Sebelumnya, pengguna dapat menguji sensor dan mendiagnosis masalah yang ditemukan. Untuk melakukannya, pengguna membutuhkan software pihak ketiga seperti Sensors Multitool.

Melalui software tersebut, pengguna dapat memeriksa kinerja masing-masing sensor secara terpisah atau bahkan melakukan tes diagnostik lengkap.

Alternatif opsi untuk menguji kinerja sensor lainnya dapat memakai kode rahasia Android, seperti *#*#4636#*#* yang dapat digunakan untuk mengakses berita status perihal banyak komponen dan statistik penggunaan perangkat.

Selanjutnya, untuk melakukan kalibrasi sensor, beberapa smartphone mempunyai opsi kalibrasi bawaan. Misalnya, pada perangkat LG, pengguna dapat mengkalibrasi sensor gerak dengan masuk ke Seetings > General tab > Motion.

Namun, bila smartphone Android tidak mempunyai opsi kalibrasi bawaan, pengguna dapat memakai software pihak ketiga yang dapat mengkalibrasi ulang sensor tertentu.

Smartphone Android dengan aplikasi Google. Smartphone Android dengan software Google.

Seperti software Accelerometer Calibration Free, Quick TuneUp-Phone Calibration, Proximity Sensor Reset dan Compass Direction Optimizer - Gyroscope Tester.

Tetapi bila pengguna tidak dapat menemukan software tersebut dalam Google Play Store, menyetel ulang perangkat seperti dari pabrik atau factory reset bisa dilakukan.

Menyetel ulang smartphone Android ke pengaturan pabrik biasanya akan mengkalibrasi ulang semua sensor secara otomatis.

Itulah cara kalibrasi sensor pada smartphone Android agar selalu akurat ketika digunakan. ( Lintang Siltya Utami).

Comments