Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Otomotif

News / Otomotif

Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

KEPONEWS.COM - Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling MENGENDARAI motor kopling akan memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. Bagi sebagian orang, membawa motor kopling terkesan lebih macho dibandingkan motor bebek atau motor matik. Pengendalian transm...

MENGENDARAI motor kopling akan memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. Bagi sebagian orang, membawa motor kopling terkesan lebih macho dibandingkan motor bebek atau motor matik.

Pengendalian transmisi motor kopling dengan yang lain sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja motor kopling mempunyai transimisi manual yang dipadukan dengan kopling. Sementara untuk bebek hanya memakai perpindahan gigi manual saja serta matic mempunyai perpindahan gigi otomatis hanya tinggal gas.

Namun dalam cara mengendarai motor kopling bagi pemula nyatanya susah susah gampang. Butuh edukasi mendalam, konsentrasi dan juga feeling yang pas untuk dapat menguasai kopling, gas dan rem secara bersamaan.

Yuk Belajar Mengendarai Motor Kopling Manual, Begini Langkah-langkahnya

Bila mau belajar mengendarai motor kopling, berikut 7 tips yang bisa Kamu praktikkan sebagaimana dilansir dari Astra Motor, Selasa (26/10/2021) :

1. Pahami sistem cara kerja kopling

Cara pertama dalam mengendarai motor kopling bagi pemula adalah dengan mengenai terlebih dahulu sistem dan cara kerja kopling. Tuas kopling itu sendiri terletak di sebelah kiri stang motor, sedangkan rem berada di sebelah kanan.

Kopling sendiri berfungsi untuk memindahkan transmisi gigi secara halus. Ketika Kamu mulai menekan pedal kopling secara penuh maka lempeng kopling akan di tahan oleh kampas rem hingga berhenti. Pada saat itulah Kamu bisa memindahkan gigi transmisi pada motor kopling Kamu.

Ilustrasi

2. Lepaskan kopling secara perlahan dari cengkraman Kamu

Perhatikan dengan teliti sistem mekanisme dalam melepaskan kopling motor Kamu. Untu

Cara untuk dapat mengendarai motor kopling bagi pemula dengan halus maka cara nya lepaskan kopling secara perlahan. Hal itu akan berbeda ketika Kamu melepaskan kopling dengan cepat maka laju motor terdapat hentakan dengan cepat pula.

9 Perangkat Keselamatan Wajib Dikenakan Pembalap MotoGP, Apa Saja?

3. Kenali karakter motor kopling Kamu

Walaupun mekanisme konsep dan cara penggunaan motor kopling semuanya sama namun Kamu tetap perhatikan katakteristik motor kopling Kamu sendiri. Pasalnya semakin besar kapasitas mesin motor mempunyai laju dan hentakan yang berbeda. Gunanya memahami karakter motor yaitu sebagai penyesuaian diri terhadap cara berkendara Kamu.

4. Pahami sistem kerja engine brake

Motor kopling saat unggul dalam sistem kerja engine brake. Dimana laju motor akan perlahan berhenti karena terjadi pengereman yang dilakukan oleh mesin. Ini menjadi unggulan saat Kamu berjalan dengan kecepatan tinggi.

Comments