Agar Atlet Bisa Terus Berprestasi, Dokter Olahraga Tekankan Pentingnya Penanganan Cedera yang Komprehensif

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Agar Atlet Bisa Terus Berprestasi, Dokter Olahraga Tekankan Pentingnya Penanganan Cedera yang Komprehensif

Agar Atlet Bisa Terus Berprestasi, Dokter Olahraga Tekankan Pentingnya Penanganan Cedera yang Komprehensif

KEPONEWS.COM - Agar Atlet Bisa Terus Berprestasi, Dokter Olahraga Tekankan Pentingnya Penanganan Cedera yang Komprehensif Penanganan cedera yang tepat oleh dokter spesialis menjadi kunci atlet dan pegiat olahraga bisa terus berprestasi....

Penanganan cedera yang tepat oleh dokter spesialis menjadi kunci atlet dan pegiat olahraga bisa terus berprestasi.

Diungkapkan oleh dr. Bobby Nelwan SpOT(K), Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Sports Injury di Royal Sports Medicine Centre, penanganan cedera yang dilakukan bukan oleh ahlinya berpotensi memperlambat proses penyembuhan, bahkan memperparah cedera yang dialami.

"Cedera olahraga merupakan hal yang sangat krusial bagi atlet profesional maupun penggiat olahraga. Untuk itu, seluruh pelaku olahraga wajib berkonsultasi pada dokter spesialis yang ahli dibidangnya untuk mengetahui tindakan dan proses penyembuhan apa yang harus diambil sehingga dokter dapat membantu memberikan diagnosa tepat bagi pasien dan membantu proses penyembuhan sehingga dapat melakukan aktivitas olahraga kembali," tutur dr Bobby dalam keterangan pers yang diterima Suara.com.

Operasi penanganan cedera olahraga. (dok. RS Royal Progress)Operasi penanganan cedera olahraga. (dok. RS Royal Progress)

Karena itulah, proses penyembuhan cedera yang tepat perlu dilakukan secara komprehensif. Bukan hanya oleh dokter olahraga, tapi juga psikolog, terapis, nutrisionis, hingga fisioterapis olahraga.

Pemulihan Berjalan Dengan Baik, Igbonefo Bakal Tampil Kenakan Topeng

Atas dasar ini, Rumah Sakit Royal Progress menghadirkan Royal Sports Medicine Centre (RSMC) dan Royal Sports Performance Centre (RSPC) dalam memberikan layanan kesehatan bagi atlet dan penggiat olahraga terkait dengan pencegahan, skrining, pengobatan cedera olahraga, hingga peningkatan kebugaran dan motivasi agar dapat kembali pada tujuan olahraga mereka.

dr. Panudju Djojoprajitno, General Manager Rumah Sakit Royal Progress menyebut RSMC dan RSPC telah dipercaya untuk menjadi partner kesehatan resmi bagi federasi olahraga nasional, serta telah melakukan tindakan medis operasi dan memberikan dukungan physiotherapy hingga ribuan pasien.

"Pada Hari Olahraga Nasional yang jatuh di bulan September, kami juga menjadi partner kesehatan pada banyak sekali acara olahraga nasional melalui layanan penyediaan tenaga medis sebagai wujud komitmen kami untuk menyokong atlet dan penggiat olahraga agar bisa meraih potensi optimal mereka, katanya.

Di kesempatan yang sama, dr. Sophia Hage SpKO dari Royal Sports Performance Centre menambahkan bahwa RSPC berkomitmen untuk membantu masa pemulihan dan peningkatan performa bagi atlet dan penggiat olahraga melalui serangkaian layanan yang dibutuhkan bagi mereka untuk tujuan olahraganya.

Seperti program fisioterapi, sport massage, peningkatan performa kebugaran dengan melakukan banyak sekali sport-specific fit test, konsultasi nutrisi bagi atlet agar tetap prima, hingga peningkatan performa melalui kondisi psikis yang baik agar pasien dapat kembali merasa siap untuk menjadi juara, dimana semua aktivitas diawasi langsung oleh tenaga medis profesional sehingga membantu performa secara efektif dan efisien.

Liga 1: Pulih dari Cedera, Victor Igbonefo Bakal Kenakan Topeng, Begini Penjelasan Dokter Tim Persib

Comments