Agar Aerodinamis, Hypercar Seharga Rp37 Milyar Dipasangi Kipas Angin

Otomotif

News / Otomotif

Agar Aerodinamis, Hypercar Seharga Rp37 Milyar Dipasangi Kipas Angin

Agar Aerodinamis, Hypercar Seharga Rp37 Milyar Dipasangi Kipas Angin

KEPONEWS.COM - Agar Aerodinamis, Hypercar Seharga Rp37 Milyar Dipasangi Kipas Angin LONDON Karya terbaru dari pabrikan Gordon Murray Automotive ditunjukkan dengan gambar desain supercar terbarunya yang diberi nama T.50. Mobil buatan perusahaan perancang McLaren F1 tersebut mempunyai...

LONDON Karya terbaru dari pabrikan Gordon Murray Automotive ditunjukkan dengan gambar desain supercar terbarunya yang diberi nama T.50. Mobil buatan perusahaan perancang McLaren F1 tersebut mempunyai fasilitas unik yaitu sistem kipas yang dipasang di bagian belakang mobil.

Kipas berdiameter 400 mm ini sendiri dipasang untuk meningkatkan aerodinamika mobil dengan cara meningkatkan kecepatan udara yang melewati diffuser belakang. Sistem ini juga berguna untuk mendinginkan oli mesin.

Gordon T50

Untuk menghindari debu-debu mau pun kerikil masuk ke dalam kipas, mobil ini memakai intake yang diletakkan secara vertikal. Tidak hanya memakai kipas, pengaturan aerodinamika di mobil ini juga semakin lengkap dengan adanya dua buah sayap yang bisa diatur kemiringannya sesuai kebutuhan pengemudi.

Gordon Murray memaparkan cara kerja kipas tersebut berjalan ketika mobil membutuhkan downforce di kecepatan rendah. "Kipas akan menyala di kecepatan maksimum dan membuang udara kotor dan lapisan pembatas. Artinya udara nanti akan bergerak mengikuti permukaan jalan dan mengisi ruang kosong di antara mobil dan jalan," ujarnya seperti dikutip dari laman Motor1.

Selanjutnya

Comments