Adu Kuat Realme 6 dan Samsung Galaxy A51, Pilih Mana

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Adu Kuat Realme 6 dan Samsung Galaxy A51, Pilih Mana

Adu Kuat Realme 6 dan Samsung Galaxy A51, Pilih Mana

KEPONEWS.COM - Adu Kuat Realme 6 dan Samsung Galaxy A51, Pilih Mana Membicarakan smartphone di segmen kelas menengah tentu tidak ada habisnya. Ini karena semua merek smartphone selalu membanjiri dengan produk-produk di segmen tersebut. Realme misalnya, yang baru saja...
Loading...

Membicarakan smartphone di segmen kelas menengah tentu tidak ada habisnya. Ini karena semua merek smartphone selalu membanjiri dengan produk-produk di segmen tersebut.

Realme misalnya, yang baru saja meluncurkan produk terbarunya, Realme 6. Ponsel ini membawa fitur-fitur yang sebelumnya belum pernah ada di seri nomor dari produsen ponsel asal China itu.

Realme 6 diklaim mempunyai lawan yang sepadan di segmennya dan sudah lebih dahulu muncul di Indonesia, adalah Samsung Galaxy A51. Tim VIVA Digital melakukan komparasi spesifikasi di antara keduanya supaya calon pengguna dapat memilih smartphone kelas menengah mana yang bisa memenuhi aktivitas harian mereka.

Desain

Realme 6 membawa bahasa desain terbaru yang belum pernah diaplikasikan pada seri sebelumnya. Comet design dipilih untuk memberikan sensasi dinamis, terang, dan cepat pada Realme 6. Konstruksinya unibody dengan memakai bahan plastik polikarbonat yang cukup kokoh serta nyaman untuk digenggam.

Desainnya pun cukup bersih, karena Realme 6 memakai sensor sidik jari di bagian kanan bodi ponsel. Sensor tersebut ditanamkan pada tombol power dan mempunyai kecepatan membuka kunci layar hanya 0,29 detik saja.

Adapun Samsung Galaxy A51 tidak membawa desain baru dibandingkan para pendahulunya. Ponsel ini mempunyai tampilan casing dengan tarikan grafis holografis. Dengan garis-garis diagonal yang bertabrakan dipadu warna berbeda membuat segar.

Konstruksinya sama-sama unibody dengan memakai bahan plastik polikarbonat yang cukup kokoh serta nyaman untuk digenggam. Namun ada perbedaan dengan Realme 6 dari peletakkan sensor sidik jari. A51 mempunyai sensor yang ditanamkan di bawah layar.

Kedua smartphone ini sama-sama memakai Corning Gorilla Glass 3 untuk perlindungan layar. Namun, desain Realme 6 dipandang unggul berkat ketahanannya dari cipratan air, sementara Samsung Galaxy A51 tidak diproteksi ketahanan terhadap air dan debu.

Layar

samsung galaxy a51

Beralih ke sektor layar, kedua smartphone ini membawa ukuran layar 6.5 inchi dan sama-sama mempunyai resolusi FHD Plus 2400x1080. Tapi, rasio screen-to-body Realme 6 lebih baik dengan angka 90,5 persen dibandingkan dengan Samsung Galaxy A51 yang hanya 87,4 persen.

Desain layar punch hole digunakan kedua smartphone untuk menempatkan kamera depannya. Perbedaan mulai terlihat pada panel layar di mana Realme 6 masih memakai panel IPS, sedangkan Samsung Galaxy A51 sudah memakai panel Super Amoled.

Namun demikian, layar Realme 6 sudah setingkat dengan layar smartphone flagship berkat refresh rate 90Hz yang dibawanya. Tampilan warna pada layar Samsung Galaxy A51 boleh dibilang lebih baik, namun untuk urusan responsifitas layar, Realme 6 tentunya lebih baik.

Realme 6 dinilai cocok untuk pengguna mobile gamers yang butuh layar responsif, sementara Samsung Galaxy A51 cocok untuk mereka yang suka menikmati konten multimedia seperti menonton dan melihat gambar.

Kamera

Keduanya mengklaim sama-sama membawa konfigurasi quad camera di bagian belakang. Realme 6 tampil lebih unggul berkat resolusi 64MP pada kamera utamanya, berbeda dengan kamera utama Samsung Galaxy A51 hanya membawa resolusi 48MP.

Presiden Joko Widodo ikuti KTT Virtual G-20.

Penampakan Wajah Presiden Jokowi Ikuti KTT G-20 Usai Makamkan Ibunda

Striker Paris Saint-Germain, Neymar usai bobol gawang Borussia Dortmund

Karena Corona, Bursa Transfer Pemain Diprediksi Lesu

Ruang perawatan pasien Covid-19 di salah satu RS di Makassar.

Pasien Positif Corona di Sulawesi Selatan Melonjak Tajam

Poster Film Kemarin

Optimis Virus Corona Berlalu, Film Kemarin Tak Undur Tanggal Tayang

Raja Salman bin Abdulaziz.

Diisukan Meninggal, Raja Salman Muncul Pidato Bahas Corona di G-20

Kaesang Pangarep

Penyesalan Kaesang Pangarep Atas Kepergian Eyang

Tentunya, Realme 6 dapat mengambil foto yang jauh lebih besar, lebih detail dan lebih tajam berkat Ultra 64Mp mode kalau dibandingkan dengan Samsung Galaxy A51. Kamera lainnya yang tersemat di Realme 6 ialah kamera 8MP ultra-wide angle, 2MP B&W portrait camera dan 2MP macro lensa.

Sedangkan, Samsung Galaxy A51 mempunyai lensa telephoto 5MP, lensa ultra-wide 12MP dan depth sensor 5MP. Fasilitas kamera yang dibawa oleh Realme 6 tampil lebih baik berkat Nightscape 3.0 tripod mode yang sanggup mengambil foto malam yang lebih baik.

Di sektor video, kedua smartphone ini mempunyai fasilitas stabilization di mana Realme 6 tampil lebih unggul berkat 2 pilihan video stabilization, adalah UIS Video Stabilization & UIS Max Video Stabilization.

Adapun Samsung Galaxy A51 hanya dilengkapi dengan Ultra-Steady. Tentunya dengan 2 pilihan video stabilization, Realme 6 sanggup merekam video dengan tingkat stabilisasi yang dapat dipilih dan lebih smooth. Realme 6 juga mempunyai fasilitas perekaman wide video untuk video ala action camera yang tidak dimiliki Samsung Galaxy A51.

Beralih kamera depan, kedua smartphone ini sama-sama membawa satu kamera yang ditempatkan pada punch-hole. Realme 6 membawa In-Display Selfie 16MP, sementara Samsung Galaxy A51 tampil lebih unggul dengan Infinity-O camera 32MP. Keduanya sama-sama bisa menampilkan efek bokeh pada foto.

Performa

Realme 6 dan Realme 6 Pro.

Beralih ke sektor dapur pacu, Realme 6 memakai prosesor buatan MediaTek terbaru, Helio G90T. Prosesor ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain mobile game ke level yang lebih tinggi lagi.

Prosesor ini dibuat memakai proses 12nm, yang membuatnya lebih kuat dan efisien. Helio G90T juga dilengkapi dual core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05GHz serta enam core Cortex-A55 berefisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Sedangkan, Samsung Galaxy A51 menjagokan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10nm yang tidak berubah dari pendahulunya. Chipset tersebut akan mempunyai kecepatan dengan processor Octa Core yang terbagi menjadi dua inti seperti Quad core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan juga Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 ini juga dilengkapi dengan pengolahan grafis Mali-G72 MP3. Secara clock speed, Realme 6 lebih unggul dengan Helio G90T, sehingga smartphone ini lebih cocok untuk penggunanya yang suka bermain game mobile di smartphone dengan gegas dan tanpa lag.

Baterai

Di sektor baterai, Realme 6 dilihat lebih unggul berkat baterai berkapasitas lebih besar 4.300mAh. Di bagian ini, A51 kalah saing dengan hanya 4.000mAh. Artinya, pengguna Realme 6 mempunyai masa pemakaian baterai harian sedikit lebih lama dari milik Samsung Galaxy A51.

Beralih ke sektor sistem pengisian baterai, Realme 6 juga tampil unggul berkat 30W Flash Charge, sedangkan Samsung Galaxy A51 dilengkapi dengan fast charging 15W.

Dengan demikian, usai mengoprek spesifikasi Realme 6 dan Samsung Galaxy A51, maka ponsel China ini mempunyai keunggulan ketimbang produk asal Korea Selatan itu.

Smartphone dengan harga jual mulai Rp3 jutaan ini sudah membawa spesifikasi yang lebih baik dan tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy A51 yang harga jualnya lebih tinggi yaitu Rp4 jutaan.

Comments