Adab jalin pertemanan dalam Islam menurut Rasulullah & Imam Al Ghazali

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Adab jalin pertemanan dalam Islam menurut Rasulullah & Imam Al Ghazali

Adab jalin pertemanan dalam Islam menurut Rasulullah & Imam Al Ghazali

KEPONEWS.COM - Adab jalin pertemanan dalam Islam menurut Rasulullah & Imam Al Ghazali Manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Hal ini membuat seorang manusia tentu tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan orang lain. Dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial, Allah menciptakan saud...

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Hal ini membuat seorang manusia tentu tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan orang lain. Dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial, Allah menciptakan saudara, sahabat, bahkan pasangan hidup untuk menemani seseorang terutama dalam beribadah dan mencari ridho-Nya.

Dari interaksi yang dilakukan dari satu orang dengan orang lain, secara intens dan terus menerus akan menghasilkan pertemanan atau persahabatan di antara kedua orang atau bahkan lebih. Selain dari interaksi yang terus-menerus, pertemanan juga dapat tercipta karena kesamaan hobi, kesamaan aktivitas dan lain sebagainya. Meski mempunyai banyak persamaan, tak dapat dipungkiri setiap orang pasti mempunyai perbedaan dalam banyak sekali hal, karena Allah menciptakan manusia dengan keunikannya masing-masing.

Mengetahui dan memahami perbedaan tersebut, seorang sahabat atau sahabat berusaha untuk mengerti dan mengimbangi perbedaan dengan memahami karakter masing-masing. Dalam Islam, persahabatan merupakan salah satu yang sangat dianjurkan.

Dirangkum dari banyak sekali sumber pada Senin (21/9), anjuran untuk menjalin persahabatan tersebut tertera dalam Alquran. Pada surat Al Hujurat ayat 10, Allah berfirman:

Innamal-mu'minuna ikhwatun fa aslihu baina akhawaikum wattaqullaaha la'allakum tur-hamun

Artinya:
"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Alasannya adalah itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Adapun dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Seorang Muslim ialah saudara muslim lainnya, ia tidak mendzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya".(HR Muslim)

Adab menjalin pertemanan dalam Islam

foto: freepik

Dalam ayat dan hadits yang sudah dijelaskan sebelumnya, Allah dan Rasulullah menganjurkan umat manusia untuk menjalin persahabatan terutama dengan sesama Muslim. Rasulullah juga mengajarkan kepada umatnya untuk menjaga adab pertemanan. Hal inilah yang membuat Rasulullah amat disayangi para sahabat.

1. Bergaul dengan mukmin.

Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa." (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395. Hadits ini hasan kata Syaikh Al Alba)

Dalam sebuah hadits, Rasulullah juga bersabda:

"Permisalan sahabat yang baik dan sahabat yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap." (HR. Bukhari)

2. Menjaga perkataan.

Ketika berbicara dengan sahabat, alangkah baiknya bila menjaga perkataan agar tidak menyakiti sahabat. Berkatalah dengan perkataan yang baik, dengan tutur kata yang lembut dan penuh kasih sayang. Rasulullah bersabda:

"Mukmin yang paling tepat imannya ialah mukmin yang paling baik akhlaknya." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

3. Berpakaian yang baik.

Ketika bergaul, hendaknya seseorang juga tetap menjaga pakaian yang digunakan untuk selalu sopan dan menutup aurat dengan tepat, terutama jikalau berada di keramaian. Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah berkata dalam kitab al-Hilyah:

"Perhiasan yang tampak menunjukkan kecondongan hati. Orang-orang akan mengklasifikasikan dirimu hanya dengan melihat pakaianmu. Maka pakailah pakaian yang menghiasimu dan tidak menjelekkanmu, dan tidak menjadi bahan celaan dalam pembicaraan orang atau bahan ejekan orang-orang tukang cemooh."

4. Tidak memotong pembicaraan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Bila engkau mengatakan diamlah kepada orang-orang ketika mereka sedang berbicara, sungguh engkau mencela dirimu sendiri." (HR. Ahmad)

5. Menghindari perdebatan.

Untuk menjaga pertemanan, alangkah baiknya sebagai seorang Muslim menghindari perdebatan. Perdebatan ini akan memunculkan pertengkaran dalam pertemanan. Meskipun kita tahu sahabat berbuat kesalahan, maka beritahulah dengan lembut dan sopan, serta jangan mendebat apalagi memakai nada tinggi atau membentak.

6. Saling memberi hadiah.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai." (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 594, dihasankan Al-Imam Al-Albani t dalam Irwa`ul Ghalil no. 1601)

Comments