Ada yang Tak Memiliki Bulu dan Berdarah Hitam, Inilah 5 Spesies Ayam Paling Unik dan Langka

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ada yang Tak Memiliki Bulu dan Berdarah Hitam, Inilah 5 Spesies Ayam Paling Unik dan Langka

Ada yang Tak Memiliki Bulu dan Berdarah Hitam, Inilah 5 Spesies Ayam Paling Unik dan Langka

KEPONEWS.COM - Ada yang Tak Memiliki Bulu dan Berdarah Hitam, Inilah 5 Spesies Ayam Paling Unik dan Langka via merdeka.com Bagi kebanyakan orang, ayam sebagai sumber protein hewani. Tetapi untuk sebagian orang, hewan ini merupakan satwa eksotis yang layak dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Namun tida...
via merdeka.com

Bagi kebanyakan orang, ayam sebagai sumber protein hewani. Tetapi untuk sebagian orang, hewan ini merupakan satwa eksotis yang layak dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Namun tidak sembarang ayam digemari oleh para pecinta unggas karena ayam yang mereka pilih merupakan ayam yang memang berasal dari ras khusus dan tergolong langka.

Melansir merdeka.com dari laman Amusing Planet, setidaknya ada lima jenis ayam yang unik dan langka. Ayam-ayam ini diburu para kolektor. Yuk kita lihat seperti apa wujud dari ayam-ayam tersebut.

1. Ayam telanjang via merdeka.com

Ayam tanpa bulu ini merupakan spesies hasil dari persilangan yang dikreasikan oleh Avigdor Cahaner, seorang ilmuwan asal Israel. Ayam telanjang merupakan hasil perpaduan antara ayam broiler dan ras featherless neck (leher tanpa bulu.)

Kemunculan ayam ini dimaksudkan agar bisa dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat. Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat penyembelihan karena tak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu. Sayangnya ayam telanjang jantan kesulitan untuk kawin karena tidak bisa mengepakkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Sementara ayam telanjang betina rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, perubahan suhu, serta sengatan matahari karena tak mempunyai bulu yang berfungsi sebagai pelindung tubuh.

2. Ayam Silkie via merdeka.com

Ayam-ayam ini memang terkenal karena bulu-bulunya yang lembut seperti anak kucing. Secara fisik ayam ini mempunyai tulang, paruh, dan kulit hitam, namun bulunya berwarna-warni. Ayam silkie dijadikan hewan peliharaan di rumah karena nampak lucu

3. Ayam Onagadori via merdeka.com

Ayam Onagadori mempunyai ekor yang sangat panjang. Ayam ini berasal dari Prefektur Kochi, Jepang. Panjang ekornya bahkan mencapai 8 meter apabila dirawat dengan baik.

4. Ayam Cemani via merdeka.com

Seluruh bagian tubuh ayam asli Indonesia berwarna hitam. Tak hanya bulu dan kulit yang hitam, mata, jeroan, dan tulangnya juga berwarna kehitaman. Bahkan darah ayam cemani mempunyai warna sangat gelap, tidak seperti ayam pada umumnya.

5. Ayam Dong Tao via merdeka.com

Ayam bertampang sangar ini ialah ayam ras Dong Tao. Asalnya dari Distrik Khoai Chau, dekat kota Hanoi, Vietnam. Ayam ini tergolong langka, karena dulu dikembangbiakkan khusus untuk kebutuhan konsumsi keluarga kerajaan. Namun sekarang disajikan di restoran-restoran, seekor ayam Dong Tao hidup dihargai sampai 16 juta Rupiah.

Ayam ini berbadan besar dan sehat, dengan cakar mirip kaki naga dengan warna kemerahan. Seekor ayam Dong Tao jantan bisa mencapai berat sampai 6 kilogram.

ayam ini sangat mahal karena pengembangbiakannya tergolong sulit. Ayam Dong Tao sensitif terhadap perubahan cuaca. Jumlah telur yang dihasilkan sang betina jauh lebih sedikit daripada ayam biasa. Kaki ayam Dong Tao sangat besar sehingga mempersulit pengeraman. Meminimalisir agar anak ayam tak mati terinjak, pengeraman harus dibantu oleh manusia

Comments