Ada Pelabuhan Wae Kelambu, Logistik Tak Lagi di Kota Labuan Bajo

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ada Pelabuhan Wae Kelambu, Logistik Tak Lagi di Kota Labuan Bajo

Ada Pelabuhan Wae Kelambu, Logistik Tak Lagi di Kota Labuan Bajo

KEPONEWS.COM - Ada Pelabuhan Wae Kelambu, Logistik Tak Lagi di Kota Labuan Bajo Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dilakukan dengan tujuan...

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan Pelabuhan Labuan Bajo di pusat kota itu sebagai area pariwisata utama.

"Sedangkan pelabuhan bongkar muat dipindahkan ke Wae Kelambu," kata Budi Karya dalam telekonferensi, Kamis 14 Oktober 2021.

Budi menambahkan, Terminal Multipurpose yang mulai dibangun Kemenhub semenjak Agustus 2020 silam ini, digarap dengan memakai dana APBN dan BUMN. Dimana, untuk pembangunan di sisi lautnya dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya.

Jokowi Puji Cepatnya Pembangunan Pelabuhan Baru Labuhan Bajo

Sedangkan pembangunan infrastruktur dari sisi darat dikoordinasikan oleh PT Pelindo III, yang sekarang sudah menjadi PT. Pelabuhan Indonesia. "Dan pelaksanaannya oleh PT Wijaya Karya," ujarnya.

Menhub memaparkan, pelabuhan ini akan fokus melayani lalu lintas logistik dan kegiatan bongkar muat komoditas seperti peti kemas, general cargo, dan curah cair, sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Induk Pelabuhan Labuan Bajo yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 117 Tahun 2021.

Proyek Pembangunan Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo. Photo : Repro youtube WIKA Labuanbajo Proyek Pembangunan Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo.

Comments