Ada Festival Kuliner Prancis Digelar di 10 Kota di Indonesia

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Ada Festival Kuliner Prancis Digelar di 10 Kota di Indonesia

Ada Festival Kuliner Prancis Digelar di 10 Kota di Indonesia

KEPONEWS.COM - Ada Festival Kuliner Prancis Digelar di 10 Kota di Indonesia Tahun ini festival internasional cita rasa Prancis Good France kembali digelar dengan mengangkat keunggulan gastronomi dari wilayah barat daya Prancis, Nouvelle-Aquitaine yang berbatasan langsung deng...


Tahun ini festival internasional cita rasa Prancis Good France kembali digelar dengan mengangkat keunggulan gastronomi dari wilayah barat daya Prancis, Nouvelle-Aquitaine yang berbatasan langsung dengan wilayah Spanyol.

Nouvelle-Aquitaine merupakan daerah pertanian terpenting di Prancis yang terkenal dengan kekayaan tanahnya, penghasil produk masakan khas Prancis terkenal, seperti foie gras, magret de canard du Sud-Ouest, cabai Espelette, mentega Charentes-Poitou, kerang oleron dan stroberi perigord.

"Tahun ini fokus ke daerah Nouvelle-Aquitaine. Gastronomi makanannya diperkaya dengan produk laut dan peternakan. Di sebelah selatan ada tempat namanya Pays Basque, berbatasan dengan Spanyol, sehingga terkadang ada pengaruh dari Spanyol," kata Winnalia Lim, ASEAN Marketing and event coordinator Atout France, dalam jumpa pers Good France 2018 di IFI Prancis, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Maret 2018.

Hidangan Prancis.

Acara yang memanjakan semua penggemar masakan Prancis setiap tahunnya ini digelar serentak mulai 21 Maret 2018 di 10 kota, yaitu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa. Gelaran ini juga menggandeng 39 restoran dengan konsep kreatif dengan banyak sekali ragam menu Prancis yang pastinya akan disukai penikmat masakan Prancis.

"Chef berbakat dari banyak sekali negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Jean-Charles Berthonnet dalam sambutannya.

Salah satu hidangan unik yang ikut dalam festival ini ialah dari Ninety-Nine Restaurant yang mengangkat makanan fusion Prancis fan Indonesia. Seperti Tarte Kacang dengan Gado-gado Salad, Sop Buntut Rawon Ravioli Terbuka, hingga dessert unik Kelapa Jawa Cr me Brulee.

Festival internasional cita rasa Prancis Good France.

"Saya ingin membuat semuanya lokal. Bahkan edible flower (bunga yang bisa dimakan) tumbuh dari Indonesia. Misalnya saja Tarte gado-gado, seperti gado-gado biasa di mana kulit tarte ditambah bumbu gado-gado sehingga rasa lebih kuat dan kaya," kata Chef Peter Graham dari Ninety Nine Reataurant.

Selain restoran tersebut, beberapa nama restoran yang ikut andil dalam festival ini antara lain AMUZ Gourmet, Anigre Restaurant, Gar on, Olivier, Restaurant Emilie, Avec Moo Restaurant and Bar, Orient8, Bistro Baron, SEA GRAIN at DoubleTree by Hilton, OKU, Frank's Bar & Smokehouse, Maple & Oak. Sementara untuk daerah Bandung, seperti Fresco-Hilton Bandung, Vermont, dan masih banyak lainnya.

Setiap restoran berpartisipasi mulai tanggal 21 Maret, namun masing-masing berakhir dengan tanggal yang berbeda. Untuk restoran dengan periode partisipasi paling lama ialah di restoran AVEC MOI, yakni hingga 4 April 2018

Loading...

Comments