Acara Pernikahan Unik di Dunia, Bikin Traveling Makin Asyik

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Acara Pernikahan Unik di Dunia, Bikin Traveling Makin Asyik

Acara Pernikahan Unik di Dunia, Bikin Traveling Makin Asyik

KEPONEWS.COM - Acara Pernikahan Unik di Dunia, Bikin Traveling Makin Asyik Jakarta - Yang bikin asyik ketika traveling merupakan melihat tradisi masyarakat lokal. Apalagi kalau tradisi pernikahan, setiap daerah punya ciri khas dan menjadi pemandangan menarik di mata wisatawa...

Jakarta - Yang bikin asyik ketika traveling merupakan melihat tradisi masyarakat lokal. Apalagi kalau tradisi pernikahan, setiap daerah punya ciri khas dan menjadi pemandangan menarik di mata wisatawan.

Indonesia yang punya aneka suku, juga punya aneka tradisi pernikahan yang unik. Apalagi suku-suku bangsa di dunia, pasti punya keistimewaan masing-masing. Karena momen kelahiran, pernikahan dan kematian, selalu ada tradisi yang melibatkan orang ramai dan menarik perhatian wisatawan.

detikTravel sepanjang Kamis (19/10/2017) akan mengulas wisata tradisi pernikahan unik. Momen pernikahan istiadat memang ada yang tertutup, terbuka untuk tamu asing, bahkan dijadikan atraksi wisata.

Liburan ke Bali atau Lombok, bisa jadi kita bisa melihat iring-iringan pengantin tata cara. Kalau di Lombok, Suku Sasak punya tradisi Merarik, yang sepintas ialah tradisi seperti kawin lari.

Suasana pernikahan tradisional di Guizhou, China (Tyrone Siu/Reuters)Suasana pernikahan tradisional di Guizhou, China (Tyrone Siu/Reuters) Foto: (Tyrone Siu/Reuters)

Negeri Jiran Malaysia punya tradisi dilarang pipis untuk pengantin Suku Tidung. Sementara di Singapura ada tradisi pernikahan hantu, untuk anggota keluarga yang meninggal dalam keadaan lajang. Singapura lho!

China juga punya banyak tradisi pernikahan unik dari banyak sekali etnis minoritas yang tersebar di sana. Ada busana pengantin yang harus berhias perak dalam jumlah banyak. Ada juga atau tradisi menangis menjelang menikah. Kalau di Taiwan, ada tradisi menggendong calon pengantin semalaman jelang menikah.

Di India tidak kalah unik, ada manusia menikah dengan anjing atau dengan pohon, ada lagi manusia menikahkan sepasang katak. Bukan menikah sungguhan, namun itu ritual tolak bala, namun diselenggarakan seperti pernikahan sungguhan.

Apalagi Afrika, ada banyak betul tradisi pernikahan unik yang bisa dilihat wisatawan, karena secara konsep acara memang menarik untuk ditonton. Tradisi mencuri istri orang lain di Nigeria, unik banget kan. Tradisi ini digelar dalam Festival Gerewol yang bisa ditonton turis.

Ada juga tradisi pernikahan yang kontroversial. Di Kenya misalnya, seperti menjual anak untuk pernikahan. Atau di China ada tradisi tarik-tarikan leher ayam sampai putus, yang diprotes penyayang hewan.

Eropa juga tidak lepas dari tradisi unik. Calon pengantin di Skotlandia dilumuri jelaga dan tepung. Keluarga pengantin di Jerman memecahkan piring-piring. Di Bulgaria malah ada pasar jodoh untuk mencari calon pengantin. Unik banget!

Untuk para penjelajah destinasi yang banyak bercengkrama dengan warga lokal, bukan tidak mungkin diundang ke suatu pernikahan. Itu tentu jadi pengalaman tiada dua.

Oleh karena itu, buka mata dan berbaurlah dengan warga lokal di negeri manapun kalian pergi traveling. Siapa tahu bisa menonton tradisi pernikahan lokal, atau bahkan menjadi tamu undangannya. Selamat bertualang! (fay/msl)

Comments