AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya

Otomotif

News / Otomotif

AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya

AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya

KEPONEWS.COM - AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya AC mobil merupakan komponen penting mobil. Perannya untuk membuat kabin mobil menjadi sejuk sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara. Namun apa yang dirasakan jikalau AC mobil tiba-tiba menjadi tid...

AC mobil merupakan komponen penting mobil. Perannya untuk membuat kabin mobil menjadi sejuk sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Namun apa yang dirasakan jikalau AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin. Sekedar hanya mengeluarkan hembusan angin tetapi tidak membuat ruangan dalam kabin dingin, bahkan terasa sumpek dan panas.

Hal ini tentu membuat Kamu tidak nyaman dalam mengendarai mobil, apalagi pada siang hari saat terik matahari menyengat. Kenali penyebabnya berikut ini.

Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Rusak, Wajib Tahu!

Dilansir dari Auto2000, ini penyebab AC mobil tidak dingin :

1. Freon habis

Ini merupakan penyebab umum yang sering terjadi pada kendaraan mobil. Pasalnya AC membutuhkan freon untuk membuat kabin mobil terasa sejuk. Segera cek ke bengkel spesialis AC untuk mengetahui penyebabnya.

Bila terjadi kebocoran pada freon, maka lakukan penggantian selang yang menimbulkan freon cepet abis. Bila tidak terjadi kebocoran maka cukup isi freon saja untuk mengembalikan sensasi sejuk dalam kabin mobil Kamu.

Ilustrasi

2. Extra fan mati

Komponen ini juga mempengaruhi AC mobil Kamu menjadi tidak dingin loh. Apabila komponen ini mati maka akan mempengaruhi proses kondensasi.

Kondensasi ialah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mati maka tidak adanya penurunan suhu sehingga AC sehingga terasa panas masuk kedalam kabin.

3. Kompresor rusak

Penyebab ketiga ialah kompresor yang rusak. Kompresor mobil berfungsi untuk mempompa freon untuk disalurkan keseluruh sistem AC.

Apa Aman Matikan Mesin Mobil Saat AC Menyala?

Jikalau di cek kondensor Kamu terlihat bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa maka sistem kompresor mengalami keausan bahkan kerusakan.

4. Kondensor kotor

Kondensor ialah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor. Maka komponen ini jangan sampai kotor. Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin.

Rajin-rajin memberisihkan kondensor mobil agar tidak terjadi penyumbatan yang membuat AC mobil tidak dingin.

Comments