9 Teka-Teki yang Belum Diketahui tentang COVID-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

9 Teka-Teki yang Belum Diketahui tentang COVID-19

9 Teka-Teki yang Belum Diketahui tentang COVID-19

KEPONEWS.COM - 9 Teka-Teki yang Belum Diketahui tentang COVID-19 Dunia tersentak dengan munculnya virus corona COVID-19. Semenjak kemunculannya pada Desember 2019, banyak pertanyaan perihal COVID-19 yang hingga saat ini masih menjadi teka-teki. Virus yang telah men...

Dunia tersentak dengan munculnya virus corona COVID-19. Semenjak kemunculannya pada Desember 2019, banyak pertanyaan perihal COVID-19 yang hingga saat ini masih menjadi teka-teki.

Virus yang telah menjadi pandemi global ini membuat para ilmuwan berupaya keras menjawab beragam pertanyaan. Dikutip dari BBC Indonesia, berikut 9 pertanyaan mengenai COVID-19 :

1. Berapa banyak orang yang telah terinfeksi?

Ini pertanyaan paling mendasar, tapi juga yang paling krusial. Terdapat ratusan ribu kasus terkonfirmasi di seluruh dunia, tapi ini hanya sebagian kecil dari jumlah total infeksi. Dan angka sebenarnya makin samar karena jumlah kasus asimptomatik orang yang membawa virus tapi tidak menunjukkan gejala-gejala tidak diketahui.

Pengembangan tes antibodi akan memungkinkan para peneliti untuk melihat apakah seseorang membawa virus. Hanya ketika itulah kita akan memahami seberapa jauh atau seberapa mudah virus corona penyebab Covid-19 menyebar.

2. Seberapa mematikan virus ini?

Sampai kita tahu jumlah kasus sebenarnya, mustahil untuk memastikan tingkat kematian. Saat ini estimasinya sekitar 1% dari orang yang terinfeksi koronavirus itu meninggal. Tapi bila ada banyak pasien asimptomatik, tingkat kematiannya bisa jadi lebih rendah.

3. Apa saja gejalanya?

Gejala umum virus corona ialah demam dan batuk kering ini yang perlu Kamu perhatikan. Sakit tenggorokan, sakit kepala, dan diare juga telah dilaporkan pada beberapa kasus dan ada spekulasi kuat bahwa beberapa kasus akan merasakan kehilangan indera penciuman.

Tapi pertanyaan paling penting ialah apakah gejala ringan yang mirip demam, misalnya hidung berair atau bersin, ada pada beberapa pasien.

Banyak sekali studi mengisyaratkan bahwa ini mungkin dan orang-orang bisa berpotensi menularkan tanpa tahu mereka membawa virus.

Sakit Tenggorokan

4. Apa peran anak-anak dalam penyebaran virus?

Anak-anak bisa terinfeksi virus corona. Namun, kebanyakan dari mereka menunjukkan gejala ringan dan jumlah kematian di antara anak-anak relatif sedikit dibandingkan kelompok usia lainnya.

Anak-anak biasanya penyebar super penyakit, sebagian karena mereka berkumpul dengan banyak orang (seringkali di taman bermain), tapi dengan virus ini, belum jelas seberapa jauh mereka membantu penyebarannya.

Selanjutnya

Comments