9 Potret bukti stadion tempat final Piala Dunia kembaran SUGBK

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

9 Potret bukti stadion tempat final Piala Dunia kembaran SUGBK

9 Potret bukti stadion tempat final Piala Dunia kembaran SUGBK

KEPONEWS.COM - 9 Potret bukti stadion tempat final Piala Dunia kembaran SUGBK Dalam hitungan jam, final Piala Dunia 2018 akan digelar. Prancis dan Kroasia akan berkompetisi dengan sengit untuk jadi penentu siapa yang berhak menyandang gelar jawara Piala Dunia ke-21 ini. Laga pe...
Loading...

Dalam hitungan jam, final Piala Dunia 2018 akan digelar. Prancis dan Kroasia akan berkompetisi dengan sengit untuk jadi penentu siapa yang berhak menyandang gelar jawara Piala Dunia ke-21 ini. Laga penentuan ini bakal digelar di Stadion Luzhniki, Moskwa. Stadion terbaik dan termegah Rusia.

Selidik punya selidik, stadion ini berkaitan dengan salah satu stadion di Tanah Air lho, Sobat. Stadion Luzhniki ini disebut-sebut kembar dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta. Pasalnya, pembangunan SUGBK sendiri terinpirasi dari stadion itu.

Bermula pada tahun 1956 silam, Soekarno melakukan kunjungan kenegaraan ke Uni Sovyet dan ia berpidato di Stadion Luzhniki. Siapa sangka, sepulang dari Sovyet, Soekarno berkeinginan untuk membangun stadion serupa Luzhniki. Tak tanggung-tangung, kala itu Uni Soviet langsung memberikan bantuan dana USD 12,5 juta untuk membangun kompleks SUGBK.

Menariknya, tak cuma bantuan dana, menurut kantor informasi Rusia, RIA Novosti, arsitek dan insinyur Uni Soviet pun dikerahkan guna membantu pembangunan GBK mulai 8 Februari 1960 dan selesai 21 Juli 1962 lho.

Wah, makin penasaran sama penampakan stadion Luzhniki kan? Nah, daripada penasaran yuk langsung intip foto-fotonya yang dirangkum dari banyak sekali sumber, Minggu (15/8) berikut ini.

1. Stadion ini dahulu bernama Lenin Central Stadium.

2. Stadion ini mulai dibuka tahun 1956.

3. Pada tahun 1992, nama stadion diubah menjadi Luzhniki, sesuai dengan lokasi berdirinya stadion.

4. Luzhniki pada awal dibuka bisa menampung banyak penonton dengan rekor adalah 102.538 orang saat Uni Soviet menghadapi Italia tahun 1963.

5. Event akbar pertama yang dihelat di Luzhniki ialah Olimpiade 1980.

6. Setelah Rusia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia, Luzhniki direnovasi besar-besaran dari tahun 2013 hingga 2017.

7. Tahu nggak, biaya renovasi stadion Luzhniki menghabiskan biaya lebih kurang hingga 350 juta euro atau sekitar Rp 5,8 triliun lho.

8. Selain jadi lokasi partai final, stadion ini jadi tempat digelarnya laga pertama Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Rusia dengan Arab Saudi.

9. Oleh UEFA, stadion ini diberikan rating stadion 5 bintang lho.

(pep)

Loading...

Comments