9 Makanan Indonesia berawalan 'bak' ini aslinya dari China lho

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

9 Makanan Indonesia berawalan 'bak' ini aslinya dari China lho

9 Makanan Indonesia berawalan 'bak' ini aslinya dari China lho

KEPONEWS.COM - 9 Makanan Indonesia berawalan 'bak' ini aslinya dari China lho foto: Instagram/@mrs.wijaya Selain budaya dan wisata, Indonesia dikenal dengan ragam kulinernya yang kaya dan tersebar di banyak sekali wilayah. Di Indonesia sen...
9 Makanan Indonesia berawalan 'bak' ini aslinya dari China lho foto: Instagram/@mrs.wijaya

Selain budaya dan wisata, Indonesia dikenal dengan ragam kulinernya yang kaya dan tersebar di banyak sekali wilayah. Di Indonesia sendiri banyak pendatang dari banyak sekali negara untuk berdagang. Salah satunya merupakan dari negara China.

Orang-orang dari negara tersebut datang ke Indonesia dan mulai memperkenalkan makanan-makanan Tionghoa. Sebagian besar makanannya terbuat dari bahan utama daging babi yang disebut 'bak'.

Namun, karena mayoritas masyarakat di Indonesia tidak mengonsumsi daging babi, nama makanan-makanan Tionghoa tersebut diubah dan dikreasikan dengan daging yang halal.

Lalu, apa saja makanan yang berawalan 'bak' tersebut? Berikut Brilio Food telah merangkum dari banyak sekali sumber, Rabu (21/7).

1. Bakso.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@cicidoyanmakan

Bakso merupakan makanan yang berasal dari masyarakat Tionghoa. Awal mulanya, bakso berisi daging babi. Namun karena mayoritas warga Indonesia tidak mengonsumsi daging babi, maka bakso disesuaikan untuk membuatnya dari daging halal.

2. Bakmi.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@jogjafoodhunter

Bakmi merupakan makanan yang terbuat dari mi dan dipopulerkan oleh warga China saat ke Indonesia. Bakmi sendiri mempunyai banyak sekali variasi dengan bumbu-bumbu khas Indonesia.

3. Bakpao.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@susi.shintawaty

Hampir sama dengan bakso, awal mulanya isian bakpao terdiri dari daging babi. Namun kemudian dimodifikasi dengan isian yang halal seperti daging ayam, daging sapi, cokelat, kacang hijau, dan lain-lain.

4. Bak kut teh.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@faysbook.my

Bak kut teh merupakan makanan yang lahir dari budaya Tionghoa. Sup ini biasanya terdiri dari tulang babi, namun akhir-akhir ini banyak yang memodifikasinya dengan bahan halal seperti ayam kampung atau daging sapi.

5. Bakpia.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@iwidiana22

Mungin bakpia yang biasa kamu temukan merupakan bakpia yang berisi kacang hijau, keju, atau cokelat. Namun awal mulanya, bakpia berisi daging babi yang kemudian disesuaikan dengan budaya dan norma di Indonesia.

6. Bak chang.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@limjenjen

Bak chang merupakan menu makanan yang berisi beras dan diisi dengan daging lalu dibungkus dengan daun bambu. Biasanya, bak chang disajikan saat perayaan besar masyarakat Tionghoa.

7. Bakwan.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@mrs.wijaya

Gorengan yang enak ini awalnya diperkenalkan oleh masyarakat Tionghoa. Ada yang berpendapat nama bakwan sama dengan bakso yang berarti berbentuk bulat. Bakwan ini biasanya disajikan dengan sayur-sayuran atau udang.

8. Bakmoy.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@denpasar.kenyang

Bakmoy merupakan sajian sarapan yang berisi daging ayam untuk makanan halal, namun untuk makanan non halal biasa disajikan dengan daging babi. Bakmoy mempunyai rasa yang gurih dan manis.

9. Bak chor mee.

makanan bak  berbagai sumber

foto: Instagram/@rarerollingobject

Menu ini merupakan menu mie yang berbentuk rata dan kuning. Biasanya bak chor mee disajikan dengan bakso ikan atau daging cincang dan jamur.

(mal)

Comments