9 Makanan dan Minuman Teratas untuk Mengontrol Asam Urat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

9 Makanan dan Minuman Teratas untuk Mengontrol Asam Urat

9 Makanan dan Minuman Teratas untuk Mengontrol Asam Urat

KEPONEWS.COM - 9 Makanan dan Minuman Teratas untuk Mengontrol Asam Urat Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan seperti artritis. Saat tubuh kita tidak bisa mengeluarkan limbah, maka akan timbul asam urat dalam tubuh, yang...

Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan seperti artritis. Saat tubuh kita tidak bisa mengeluarkan limbah, maka akan timbul asam urat dalam tubuh, yang membentuk kristal padat di persendian, yang disebut asam urat.

Seperti dalam masalah kesehatan lainnya, menjaga kesehatan seseorang ialah yang terpenting. Sangat penting untuk makan makanan yang seimbang yang mencakup semua nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, asam lemak, vitamin dan mineral yang baik dan sehat.

Orang yang menderita kadar asam urat tinggi dalam darah, merasa sulit untuk memilih makanan yang tepat dan sehat yang dapat mereka masukkan ke dalam makanan mereka. Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat yang dapat membantu Kamu dalam mengatur asam urat dalam tubuh, dilansir dari Times of India.

Teh hijau

Photo : Times of India

Teh hijau kaya dengan kandungan katekin tinggi yang merupakan antioksidan kuat. Katekin, seperti yang diyakini oleh banyak orang, digunakan untuk memperlambat produksi jenis enzim tertentu di dalam tubuh.

Mereka terkait dengan pembentukan asam urat dan dengan demikian, sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat.

Serat

Memasukkan serat dalam makanan bisa sangat membantu. Memilih pola makan kaya serat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Oat, biji-bijian, sayuran seperti brokoli, labu, dan seledri harus dimasukkan dalam makanan untuk menurunkan kadar asam urat.

Jenis makanan ini mengandung serat makanan yang sangat bermanfaat dalam penyerapan asam urat dan menghilangkannya dari tubuh.

Vitamin C

Sertakan buah-buahan yang diperkaya vitamin C dalam makanan Kamu untuk mendapatkan hasil terbaik. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan konsumsi 500 mg Vitamin C setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat dalam waktu singkat.

Jus jeruk atau jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan karenanya, bisa sangat membantu dalam menyediakan Kamu jumlah vitamin C yang dibutuhkan.

Buah ceri

Bagi mereka yang menderita asam urat kadar tinggi dalam tubuhnya, memilih jenis buah yang tepat dapat membantu dalam menjaga kadar asam urat. Selalu disarankan untuk tidak memasukkan buah jeruk ke dalam makanan saat menderita peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Semua jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dll, mempunyai sifat anti inflamasi. Juga, mereka kaya akan kandungan serat yang membantu meningkatkan pengurangan asam urat dalam darah.

Air atau cairan

Photo : Times of India

Air ialah salah satu pembersih alami dan cairan yang mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, minumlah setidaknya 10-12 gelas air setiap hari. Cairan juga bermanfaat karena membantu menghilangkan asam urat dari tubuh melalui ekskresi.

Karena itu, minum lebih banyak cairan dan air akan membantu mengurangi kadar asam urat. Tapi, ingatlah untuk memilih jenis jus dan cairan yang tepat.

Buah beri

Buah beri, secara umum, mempunyai sifat anti-inflamasi yang terbuat dari zat yang disebut antosianin. Zat khusus ini bermanfaat dan membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Ini juga mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian yang nantinya dapat menyebabkan nyeri persendian.

Tomat

Buah-buahan, seperti halnya sayuran, sangat membantu dalam meredakan peningkatan kadar asam urat. Tomat, yang juga dianggap sebagai buah daripada sayuran, baik untuk tubuh Kamu dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Mentimun dan wortel

Wortel dan mentimun sangat bagus untuk kesehatan bila Kamu mempunyai kandungan asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Wortel sangat kaya akan antioksidan yang baik dalam mengontrol produksi enzim. Enzim ini mendorong buatan asam urat dalam darah.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, mereka juga membantu mengeluarkan kandungan asam urat dari tubuh. Mentimun juga merupakan pilihan yang bagus untuk orang-orang dengan asam urat tinggi dalam darah.

Cokelat hitam

Theobromine ialah alkaloid yang mempunyai struktur yang mirip dengan kafein yang terutama ditemukan pada biji kakao. Itu juga pada tingkat konten tertinggi dalam coklat hitam.

Alkaloid theobromine sangat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi karena dapat membantu mengendurkan otot bronkial paru-paru. Penelitian juga menunjukkan bahwa itu lebih efektif daripada kodein, jenis alkaloid lain, dalam meredakan batuk.

Comments