9 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit, Jangan Sembarangan Pakai Skincare!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

9 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit, Jangan Sembarangan Pakai Skincare!

9 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit, Jangan Sembarangan Pakai Skincare!

KEPONEWS.COM - 9 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit, Jangan Sembarangan Pakai Skincare! Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kondisi kulit tak kunjung membaik meski sudah rajin memakai skincare, bahkan memperbaiki pola makan. Jikalau itu yang terjadi, mungkin tanpa sadar kamu masih melaku...

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kondisi kulit tak kunjung membaik meski sudah rajin memakai skincare, bahkan memperbaiki pola makan. Jikalau itu yang terjadi, mungkin tanpa sadar kamu masih melakukan beberapa kebiasaan buruk yang merusak kulit.

Dirangkum dari Times of India, berikut beberapa kebiasan buruk yang merusak kulit. Lebih dihindari saja, ya!

1. Tidak memakai tabir surya

Mengabaikan tabir surya merupakan kesalahan besar. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan sensasi kulit terbakar, penuaan dini, hingga peningkatan risiko kanker kulit.

3 kebiasaan Buruk Orang Tua ini Dapat Ditiru Anak di Rumah, Hati-hati

Selalu gunakan tabir surya dengan setidaknya SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan, bahkan saat hari berawan.

Pemakaian Tabir Surya atau Sunscreen Saat Cuaca Panas  (Dok. AnessaxShopee)Pemakaian tabir surya (Dok. AnessaxShopee)

2. Tidur tanpa membersihkan riasan

Riasan yang tidak dibersihkan sebelum tidur bisa menyumbat pori-pori serta memicu jerawat dan kulit kusam. Jadi, biasakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

3. Mencuci wajah secara berlebihan

Mencuci wajah memang penting, tapi melakukannya secara berlebihan justru akan menghilangkan minyak alami dan mengganggu kelembapan kulit.

4 Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Kapalan di Tangan dan Kaki

Cukup bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan sore. Gunakan produk pembersih yang cocok untuk jenis kulitmu.

4. Melewatkan pelembap

Pelembap sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Mengabaikan pelembap bisa menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga meningkatkan produksi minyak. Jangan lupa pilih pelembap yang sesuai kebutuhan kulit dan aplikasikan setiap hari.

5. Memakai produk perawatan kulit dengan bahan yang keras

Produk skincare tertentu mungkin mengandung bahan yang keras seperti alcohol, pewangi, dan sulfat yang bisa mengiritasi kulit. Kamu harus hati-hati, terutama kalau punya kulit sensitif.

6. Memencet jerawat

Ini bisa menyebabkan peradangan dan penyebaran bakteri. Cara terbaik merupakan meminta bantuan professional dengan pergi ke salon atau klinik kecantikan.

7. Malas eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati. Namun, eksfoliasi berlebihan atau penggunaan scrub yang keras bisa merusak kulit. Pakai eksfoliator yang lembut dan cukup gunakan 1-2 kali sepekan, tergantung kebutuhan kulitmu.

8. Mengabaikan leher

Leher kerap dilewatkan dalam rutinitas perawatan kulit, padahal area ini rentan terhadap tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kerusakan karena paparan sinar matahari. Jadi, oleskan juga pelembap dan tabir surya di bagian leher.

9. Membersihkan wajah dengan air panas

Kebiasaan buruk ini bisa menghilangkan minyak alami sehingga memicu kulit kering dan iritasi. Pilih air hangat saat membersihkan wajah untuk menjaga keseimbangan kelembapannya.

Comments