9 Game Edukasi Anak untuk Mengasah Otak

Games

Updates / Games

9 Game Edukasi Anak untuk Mengasah Otak

9 Game Edukasi Anak untuk Mengasah Otak

KEPONEWS.COM - 9 Game Edukasi Anak untuk Mengasah Otak Ilustrasi main game di HP. (Pixabay) Tak sedikit orang tua yang khawatir kalau anaknya bermain game. Karena, bermain game disebut-sebut hanya membuat anak menjadi bodoh dan membuang waktu belajar. Nam...

Ilustrasi main game di HP. (Pixabay)

Tak sedikit orang tua yang khawatir kalau anaknya bermain game. Karena, bermain game disebut-sebut hanya membuat anak menjadi bodoh dan membuang waktu belajar. Namun menurut ahli, bermain game menghadirkan manfaat kecerdasan bagi anak. Terlebih kini ada game edukasi anak.

Ketika main game, otak anak membutuhkan konsentrasi penuh. Hal ini dapat merangsang neurotransmitter dopamin untuk menguatkan daya ingat atau memori.

Aktivitas main game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Salah satu peran orangtua ialah memilih game yang tidak sekedar menghibur anak melainkan bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang anak. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan game edukasi yang bermanfaat dari segi pendidikan untuk anak.

Banyak sekali game edukasi ini pun dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak. Game edukasi anak ini juga bisa kamu unduh secara gratis di Play Store maupun App Store.

Berikut rekomendasi game edukasi anak yang HiTekno.com rekomendasikan untuk kamu.

1. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Inggris Duolingo. (Play Store)Software belajar bahasa Inggris Duolingo. (Play Store)

Kamu bisa mengajarkan anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan melalui game edukasi anak Duolingo.

Game edukasi anak ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, namun juga ada 30 bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari anak, antara lain bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya.

Tampilan Duolingo yang sangat menarik dijamin akan sangat menarik bagi si kecil dalam mempelajari bahasa asing.

2. Khan Academy Kids

Game Edukasi Anak - Khan Academy Kids: Free educational games & books. (Google Play Store)Game Edukasi Anak - Khan Academy Kids: Free educational games & books. (Google Play Store)

Game edukasi anak selanjutnya merupakan Khan Academy Kids. Khan Academy Kids mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak.

Dalam permainan game edukasi anak lengkap satu ini, anak-anak bisa belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik.

Tentunya materi pembelajaran ini dikemas sedemikian rupa supaya anak menikmati proses bermain sambil belajar ini.

3. Quick Brain

Game Asah Otak - Quick Brain. (Google Play Store)Game Asah Otak - Quick Brain. (Google Play Store)

Game edukasi anak berikutnya ialah Quick Brain. Seperti namanya, game anak-anak terbaru ini mengasah kecepatan otak dalam memproses suatu perhitungan. Kalau anak suka matematika, game ini sangat cocok untuk mempertajam kemampuan berhitung si kecil.

Ada batas waktu dalam menyelesaikan setiap soal, jadi anak dilatih untuk berpikir kritis dan cepat.

4. Coloring & Learn

Game Edukasi Anak - Cat dan Pelajari. (Google Play Store)Game Edukasi Anak - Cat dan Pelajari. (Google Play Store)

Mewarnai diketahui bermanfaat bagi anak dalam hal mengembangkan kemampuan motorik, sebagai media berekspresi, ketangkasan tangan, serta melatih konsentrasi.

Game edukasi anak ini, anak akan berkenalan dengan jenis hewan, kendaraan, alfabet, angka, dinosaurus, dan masih banyak lagi. Jadi selain mengenal warna, anak dapat pula belajar banyak sekali hal baru dalam game edukasi anak satu ini.

5. Puzzle Kids Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids - Animals Shapes and Jigsaw Puzzles. (Google Play Store)Puzzle Kids - Animals Shapes and Jigsaw Puzzles. (Google Play Store)

Puzzle Kids Animals Shapes and Jigsaw Puzzle dirancang untuk anak-anak dan orang tua bisa bersenang-senang bersama. Terdapat 4 kategori mini game yang terdiri dari mencocokkan bentuk, menyusun objek, tebak gambar, serta teka-teki jigsaw.

Setiap mini-game menantang anak untuk menemukan dan memanipulasi bentuk, memecahkan teka-teki gambar, dan mengenali bagaimana bentuk sesuai dengan gambar yang lebih besar, semuanya dengan tampilan yang berwarna dan mudah digunakan untuk tangan mungil.

6. Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Game Edukasi Anak - Preschool Learning Games: Fun Games for Kids. (Google Play Store)Game Edukasi Anak - Preschool Learning Games: Fun Games for Kids. (Google Play Store)

Game edukasi anak ini terdapat 15 permainan yang tersedia di dalamnya. Terdapat rekomendasi umur yang cocok dalam memainkan permainan tersebut.

Kamu bisa mengikuti petunjuk umur agar anak bisa belajar sesuai dengan tahap kemampuannya saat itu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti perkembangan anak secara bertahap.

7. Cooking Mama: Let s Cook!

Game Cooking Mama. (Cooking Mama)Game Cooking Mama. (Cooking Mama)

Permainan bertemakan masak-masakan, bisa dibilang merupakan game edukasi anak perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan anak laki-laki pun mempunyai minat di bidang ini.

Selain mengenal minat anak dalam memasak, anak juga dilatih untuk mengikuti arahan dan instruksi dalam setiap tahap memasak yang kalau tidak dilakukan akan menggagalkan masakan.

8. Doctor Kids

Game Edukasi Anak - Doctor Kids. (Google Play Store)Game Edukasi Anak - Doctor Kids. (Google Play Store)

Game edukasi anak lainnya merupakan Doctor Kids. Serupa dengan game edukasi anak sebelumnya, game ini berperan dalam melihat minat dan bakat anak.

Aktivitas yang bisa dilakukan melalui game ini antara lain pemeriksaan gigi, mata, x-ray tulang, memakai mikroskop untuk meneliti bakteri, dan masih banyak lagi.

9. Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

Game Edukasi Anak - Matching games Memory games Pairs: Remembery. (Google Play Store)Game Edukasi Anak - Matching games Memory games Pairs: Remembery. (Google Play Store)

Game edukasi anak selanjutnya merupakan Matching Games Memory Games Pairs: Remembery. Game edukasi anak ini bukan sekedar permainan mencocokkan gambar saja, akan tetapi banyak trik yang mengasah daya ingat anak.

Game edukasi anak ini cocok untuk melatih ingatan, konsentrasi, akurasi, atensi, kecepatan berpikir dan keterampilan logika.

Itulah rekomendasi game edukasi anak yang cocok untuk melatih otak.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Comments