9 Dampak Negatif Bekerja Multitasking, Segera Hentikan Cara Kerja Seperti Ini!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

9 Dampak Negatif Bekerja Multitasking, Segera Hentikan Cara Kerja Seperti Ini!

9 Dampak Negatif Bekerja Multitasking, Segera Hentikan Cara Kerja Seperti Ini!

KEPONEWS.COM - 9 Dampak Negatif Bekerja Multitasking, Segera Hentikan Cara Kerja Seperti Ini! Berikut beberapa alasan yang dikemukakan oleh para ahli mengenai multitasking, seperti dilansir Huffington Post: 1. Ternyata Kamu bukan sedang multitasking Spesialis, Guy Winch, PhD menyatakan bahwa y...

Berikut beberapa alasan yang dikemukakan oleh para ahli mengenai multitasking, seperti dilansir Huffington Post:

1. Ternyata Kamu bukan sedang multitasking

Spesialis, Guy Winch, PhD menyatakan bahwa yang menganggap dirinya multitasking sebenarnya sedang melakukan proses pertukaran pekerjaan.

"Ketika berbicara mengenai perhatian dan produktifitas, otak kita mempunyai jumlah yang terbatas," jelasnya.

Jadi sebenarnya apa yang dilakukan sekedar bolak-balik dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, bukan menyelsaikan dua pekerjaan sekaligus.

2. Malah memperlambat kinerja

Kalau kamu melakukan multitasking dengan niat mempercepat cara kerja, maka Kamu salah. Alasannya adalah ini malah akan membuat Kamu lebih lama menyelesaikan dua pekerjaan sambil bolak-balik. Jadi lebih baik menyelasaikan satu hal terlebih dahulu lalu menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

3. Kemungkinan melakukan kesalahan lebih besar

Para ahli menyatakan multitasking dapat mengurangi 40% produktifitas dan memperbesar resiko membuat kesalahan terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan.

4. Kehilangan kesempatan menikmati hal lain

Orang yang terbiasa melakukan dua hal sekaligus cenderung tidak dapat melihat kejadian, benda atau peristiwa yang sedang terjadi di depannya, seperti yang dinyatakan Western Washington University. Hal ini disebabkan fokus berlebih terhadap dua hal dalam waktu yang bersamaan, namun malah sia-sia karena pada akhirnya fokus tetap akan tertuju pada satu pekerjaan terlebih dahulu.

5. Mempengaruhi daya ingat

Sering membaca buku sambil menonton televisi? Maka Kamu akan kehilangan detail dari salah satu atau kedua hal yang sedang dilakukan. Ini menajdi cikal bakal kelemahan daya ingat dan sulit membagi fokus dalam pekerjaan.

6. Merusak hubungan dengan pasangan

Apakah Kamu suka merasa jengkel ketika sedang berbicara, lalu tidak dihiraukan karena pasangan Kamu sibuk memainkan handphone atau mengirimkan pesan singkat? Multitasking merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah hubungan karena dapat merusak keharmonisan, keintiman dan perhatian satu sama lainnya. Sebaiknya ketika sedang berbicara atau menghabiskan waktu bersama pasangan, singkirkan terlebih dahulu alat-alat komunikasi dan gadget lainnya.

7. Meningkatkan asupan makan

Ketika makan sambil melakukan hal lain seperti nonton TV, main handphone atau pekerjaan lain, maka perut akan mendapatkan makan lebih banyak. Karena, perut tidak merasa cepat kenyang karena pengalihan aktifitas lain yang sedang dilakukan.

8. Melumpuhkan kreativitas

Menurut penelitian yang dilakukan University of Illinois Chicago, multitasking menguras kinerja otak yang bertugas menyimpan ingatan. Alasannya adalah, fokus yang berlebih dapat mempengaruhi dan merusak performa pemecahan masalah dan kreatifitas otak.

9. Sangat berbahaya

Melakukan pekerjaan lain sambil jalan atau membawa mobil sangatlah berbahaya. Malah semakin banyak orang yang melakukan ini dan mengabaikan resiko keamanan mereka sendiri. Karena itu, kalau ingin melakukan multitasking, berfikirlah dua kali sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

(tika / gur)

Rekomendasi

9 Dampak Negatif Bekerja Multitasking, Segera Hentikan Cara Kerja Seperti Ini!

Comments