8 Tips untuk Anda yang Menjalani WFH Selama Pandemi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

8 Tips untuk Anda yang Menjalani WFH Selama Pandemi

8 Tips untuk Anda yang Menjalani WFH Selama Pandemi

KEPONEWS.COM - 8 Tips untuk Anda yang Menjalani WFH Selama Pandemi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020. Pengetatan PSBB ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau C...

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020. Pengetatan PSBB ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selama beberapa bulan terakhir, pandemi ini telah mengubah sebagian dari kita yang sehari-hari bekerja di kantor, kini bekerja di rumah. Okezone akan memberikan tips untuk Kamu selama menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Kami rangkum dari Dr. Samir Parikh - Direktur, Departemen Kesehatan Mental dan Ilmu Perilaku dan Fortis National Mental Health Program. Berikut ini beberapa cara Work From Home yang efektif selama pandemi:

1. Menentukan kembali kehidupan kerja yang seimbang

Pandemi ini mungkin cukup menantang dari rutinitas kita sebelumnya. Karena semua dilakukan di rumah saja, harus membuat kita bisa seimbang antara kerjaan di rumah dan di kantor.

Untuk mencapai keseimbangan saat bekerja dari rumah, pastikan waktu kerja Kamu bebas dari gangguan hal yang berada di rumah. Begitu juga saat kalian berada di rumah, pastikan kalian mematikan laptop / layar dan melakukan detoksifikasi digital, dan waktu luang setiap hari, sembari memenuhi tanggung jawab terhadap rumah.

2. Membuatkan tanggung jawab

Di saat pandemi seperti ini, penting menyebarkan tugas dengan anggota keluarga yang lain. Semua harus mempunyai peran dan tanggung jawab yang diidentifikasi, dibatasi dengan jelas, dan dibagikan sama rata dengan seluruh anggota keluarga. Tidak seorang pun dapat diharapkan untuk melakukan sebagian besar pekerjaan. Oleh karena itu, berusahalah untuk melatih dan melimpahkan wewenang, serta menyebarkan tanggung jawab.

3. Ciptakan ruang dan waktu yang ditentukan untuk bekerja dari rumah

Penting bagi kamu untuk mempunyai ruang kerja khusus di rumah atau tempat khusus saat WFH yang harus bebas dari kekacauan rumah, sehingga kamu dapat fokus dengan baik saat sedang bekerja.

Kemudian, bila pekerjaan sudah selesai, menjauh dari tempat kerja itu saat waktunya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ini juga membantu anak-anak dan anggota keluarga lainnya dapat mengerti kita agar tidak mengganggu saat kita berada di tempat kerja yang ditentukan di rumah.

4. Bekerjasama satu sama lain

Kalau seorang suami-istri bekerja, penting untuk meluangkan waktu sebagai pasangan, menghabiskan waktu bersama, bekerjasama dalam kegiatan bersama. Sebenarnya, ini merupakan kesempatan yang baik untuk memanfaatkan waktu untuk terlibat dalam kegiatan bersama untuk meningkatkan ikatan satu sama lain dengan anggota keluarga yang lain. Misalnya, biarkan anak-anak terikat dengan kakek-nenek pada saat ini.

Pandemi ini telah mengubah sebagian dari kita yang sehari-hari bekerja di kantor, kini bekerja di rumah.

Guncangan Dahsyat Awali Peristiwa Kiamat Dijelaskan Alquran dan Sains

Selanjutnya

Comments