8 Tips Jitu Cegah Penyakit Usai Libur Lebaran

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

8 Tips Jitu Cegah Penyakit Usai Libur Lebaran

8 Tips Jitu Cegah Penyakit Usai Libur Lebaran

KEPONEWS.COM - 8 Tips Jitu Cegah Penyakit Usai Libur Lebaran PERSIAPAN Lebaran memang membutuhkan banyak tenaga ekstra saat menjalaninya. Belum lagi rencana mudik yang cukup memakan energi dan waktu, alhasil kelelahan karena jarak tempuh yang cukup jauh. Selain...

PERSIAPAN Lebaran memang membutuhkan banyak tenaga ekstra saat menjalaninya. Belum lagi rencana mudik yang cukup memakan energi dan waktu, alhasil kelelahan karena jarak tempuh yang cukup jauh.

Selain itu ada rencana silaturahmi ke sanak saudara yang juga menguras energi. Tak ayal pemudik harus waspada dan tetap melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit pasca-Lebaran.

Akademisi dan Praktisi Klinis Ari Fahrial Syam mengatakan agar pasca-Lebaran dapat kembali segar maka tetap perlu untuk membatasi makan yang terlalu asin dan manis.

Dia mengimbau untuk lebih banyak minum, apalagi Lebaran kali ini diiringi dengan kondisi kemarau.

Minum air putih

Kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita. Sehingga pada saat harus beraktivitas kembali pasca-Lebaran tetap berada dalam keadaan sehat walafiat, jelasnya, belum lama ini.

Untuk mengantisipasi penyakit pasca-Lebaran, Ari yang berprofesi sebagai dokter penyakit dalam itu memberikan 8 tips, sehingga badan tetap bugar dan dapat beraktivitas kembali:

1. Banyak minum, paling tidak lebih dari 2 liter per harinya.

2. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3. Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak.

4. Hindari camilan yang mengandung cokelat,keju dan berlemak. Pasalnya l emak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.

5. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja, jikalau merasa camilan (kue lebaran) dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar.

6. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.

7. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 servings saat makan pagi,siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut.

8. Usahakan tidur minimal 6 jam, sehingga tubuh dan pikiran dapat kembali segar. Demikian 8 tips jitu cegah penyakit usai Lebaran.

(dno)

Comments