8 Tips buat kamu yang pertama kali liburan ke luar negeri

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

8 Tips buat kamu yang pertama kali liburan ke luar negeri

8 Tips buat kamu yang pertama kali liburan ke luar negeri

KEPONEWS.COM - 8 Tips buat kamu yang pertama kali liburan ke luar negeri Tak lama lagi liburan akhir tahun akan tiba. Beberapa orang tentu sudah menyiapkan destinasi wisata yang akan dihabiskan ketika akhir tahun. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Saat ini me...

Tak lama lagi liburan akhir tahun akan tiba. Beberapa orang tentu sudah menyiapkan destinasi wisata yang akan dihabiskan ketika akhir tahun. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Saat ini memang liburan ke luar negeri
Sedang tren terlebih lagi bagi anak millenial. Meski begitu tak sedikit pula generasi milenial yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri. Banyak kekhawatiran yang dirasakan tentunya saat pergi untuk pertama kalinya.

Seperti dilansir Brilio dari BigBreaks.com, Rabu (22/11) berikut pedoman yang bisa kamu lakukan ketika ingin berlibur ke luar negeri.

1. Pilih destinasi wisata secara bijak.

Ini ialah step yang sangat penting kecuali kamu ialah tipe seorang petualang sejati. Pastikan negara pertama yang kamu kunjungi masih memiliki sedikit kesamaan budaya. Kamu bisa mengunjungi negara tetangga terlebih dahulu seperti Filipina, Thailand atau India.

Jikalau ingin berwisata ke barat, negara Belanda, Amerika Serikat, Kanada atau Inggris bisa jadi pilihan. Belanda, karena memiliki sejarah panjang dengan Indonesia sehingga memungkinkan untuk memiliki ikatan batin yang kuat. Sisanya, pastikan negara yang dikunjungi mayoritas menggunakan Bahasa Inggris. Kamu gak mau kan gelagapan di negara orang?

2. Jangan lupa untuk menyiapkan segalanya termasuk penginapan dan akomodasi lokal. Eksplorasi sesuai budget awal (atau budget yang ada).

3. Pastikan kelengkapan dokumen dengan rapi.

Paspor, visa, lembaran dokumentasi lain, termasuk asuransi tempatkan ditempat yang sangat rapi. Jangan pernah tinggalkan dan jangan pernah lepas dari genggaman.

Paspor setidaknya harus dan masih berlaku hingga enam bulan ke depan dan jangan lupa buat fotokopinya, kalau misal, takut-takut yang asli hilang. Ide yang baik juga untuk memiliki salinan softcopy dan masukan ke dalam email.

Bila kamu bepergian karena urusan pekerjaan, buat registrasi awal di kedutaan besar negara yang menjadi tujuan, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari masalah di kemudian waktu. Oh ya, jangan lupa cek vaksin apa yang kamu butuhkan sebelum berangkat ke negara tujuan.

4. Hal yang tidak kalah penting, asuransi.

Selama perjalanan ke luar negeri, hal-hal seperti kecelakaan bisa saja terjadi. Ketika memilih agen perjalanan, bandingkan harga dan keuntungan dan pastikan asuransi perjalanan sudah terjamin

Kamu juga pasti akan lebih memilih asuransi yang berlaku global. Asuransi sangat penting bukan hanya karena hal-hal mengerikan yang dapat terjadi pada bagian tubuhmu, tetapi juga bila terjadi pembatalan pemberangkatan dan masalah kehilangan bagasi.

5. Bawa mata uang internasional dan kartu ATM atau kredit.

Mengetahui perihal nilai tukar mata uang terkini dan uang lokal sangat lah penting pada trip internasional. Untuk berbelanja di mal atau pusat perbelanjaan lainnya, kartu kredit internasional merupakan pilihan terbaik.

6. Baca dan teliti.

Lakukan penelitian wacana lokasi wisata yang akan kamu kunjungi. Hal tersebut sangat penting untuk kamu mengetahui sejarah, budaya dan etika negara yang akan menjadi tujuan wisatamu.

Cari di mana? Internet! Tapi, buku juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengetahui nilai-nilai yang berlaku di negara tersebut. Belajar juga kata-kata umum dan sederhana di negara tujuan. Pastikan juga kamu memiliki kontak darurat selama kamu berada di negara baru.

7. Buat jadwal yang realistis.

Hal paling utama yang menjadi masalah traveler di luar negeri ialah rasa jetlag atau gegar yang akan terjadi perjalanan yang panjang. Jadi, buat rencana yang realistis saja lah, istirahatkan badan untuk beberapa saat. Setelahnya? Kamu bisa coba makanan lokal, bertemu orang baru dan nikmati perjalananmu!

8. Tetap terhubung.

Berwisata keluar negeri dan membuat panggilan telepon ke negara asal akan membuat tagihan telepon membengkak. Beli kartu SIM lokal dan pastikan sambungan internet tetap terhubung. Dengan begitu kamu masih akan terhubung secara virtual dengan orangtua, saudara, kerabat dan teman-temanmu.

(del)

Comments